Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Ternate Dengan Mengunakan Metode Pembelajran Eksperimen Dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Konsep Tekanan Zat Padat

  • Susi Ismail STKIP Kie Raha

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Ternate dengan mengunakan metode pembelajaran eksperimen dan metode pembelajaran demonstrasi pada konsep tekanan zat padat. (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11Kota Ternate dengan mengunakan metode pembelajran eksperimen dan metode pembelajran demonstrasi pada konsep tekanan zat padat.

Sampel dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII. Penelitian ini mengunakan metode kuasi-eksperimen, tipe pre-test-post-test control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran (eksperimen dan demonstrasi) dan hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Ternate yang mengunakan metode pembelajaran  eksperimen dan metode pembelajaran demonstrasi dan besarnya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Ternate pada  kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 15,8 atau     19,2 % 

Bedasarkan hasil dalam penelitian ini dengan mengunakan metode pembelajaran eksperimen dan metode pembelajaran demonstrasi terdapat thitung = 5,79 dan ttabel = 2,045  pada taraf nyata  α= 0,05 dan Dk= 29 ini berarti terdapat pebedaan hasil belajar yang sangat signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-01
How to Cite
Ismail, S. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Ternate Dengan Mengunakan Metode Pembelajran Eksperimen Dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Konsep Tekanan Zat Padat. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 2(1), 41-54. https://doi.org/10.5281/zenodo.4862541