Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dan Eksperimen Pada Konsep Gerak , Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Wasile Selatan

  • Rusni Rifai STKIP Kie Raha

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Wasile Selatan dengan  menggunakan metode inquiry terbimbing dan metode eksperimen pada konsep gerak. (2) Untuk mengetahui besarnya perbedaan hasil belajar peserta didik  Kelas  VIII SMP Negeri 4 Satap Wasile Selatan dengan mengunakan  metode inquiry terbimbing dan metode eksperimen pada konsep gerak.

Sampel dalam penelitian ini adalah 54 peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode Inquary – eksperimen, tipe pre-test-post-test control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran (inquary dan eksperimen) dan hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Wasile Selatan yang menggunakan  metode pembelajaran inquary dan metode pembelajaran eksperimen dan  besarnya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Wasile Selatan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 27 atau 31,2%.

Berdasarkan hasil dalam penelitian ini dengan menggunakan motede  pembelajaran inquary  dan metode pembelajaran eksperimen terdapat thitung = 5,79  dan ttabel= 2,045   pada taraf nyata = 0,05 dan dk= 29 ini berarti terdapat perbedaan yang sangat signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-01
How to Cite
Rifai, R. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dan Eksperimen Pada Konsep Gerak , Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Wasile Selatan. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 2(1), 12-26. https://doi.org/10.5281/zenodo.4862110