Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Gaya Dengan Menggunakan Metode Resitasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan

  • Kartini Lana
  • Irawati H Malan STKIP Kie Raha

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Gaya Dengan Menggunakan Metode Resitasi peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan.

            Pemberian resitasi .Subjek penenelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan yang terdiri 27 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari 4 kompenen yaitu : Perencanaan, Pelaksaan , Evaluasi  dan Hasil Belajar.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I  adanya peningkatkan dibandingkan dengan sebelum diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi . Hasil belajar peserta didik menunjukan 27 orang peserta didik kelas VIII, 15 orang peserta didik (75 %) mendapatkan nilai sedang, sedangkan yang mendapatkan nilai rendah  5 orang peserta didik dibawah skor rata –rata  secara keseluruhan hasilnya kurang memuaskan penerapan konsep IPA Fisika, sedangkan pada siklus II hasil belajar peserta didik dengan menggunakan  model resitasi menunjukan skor rata- rata di atas 75 % penerapan konsep fisika dengan jumlah peserta didik 20 yang tergolong tertinggi 74,5.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  kemampuan penerapan konsep fisika  peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan tahun ajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan melalui  pemberian resitasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-01
How to Cite
Lana, K., & Malan, I. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Gaya Dengan Menggunakan Metode Resitasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 2(1), 27-40. https://doi.org/10.5281/zenodo.4862359