Pemanfaatan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Struktur Lapisan Bumi Siswa Kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate

  • Munir Latukau Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara
  • Usman Amiruddin Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Metode Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini berfokus pada efektivitas penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Struktur Lapisan Bumi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana metode tersebut diterapkan dalam proses pembelajaran serta dampaknya terhadap prestasi akademik siswa di SD Negeri 40 Kota Ternate. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas, di mana tindakan pembelajaran akan dihentikan apabila tingkat ketuntasan belajar mencapai 70%. Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas V, dengan hasil belajar yang diukur berdasarkan ketuntasan individu. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus pertama, sebanyak 14 siswa mencapai ketuntasan, sementara 11 siswa belum memenuhi standar, dengan rata-rata nilai yang masih berada di bawah 70 dalam skala 100 (di bawah KKM, yaitu 65). Di sisi lain, 20 siswa memperoleh nilai di atas 70, sementara 12 siswa masih berada di bawah ambang batas tersebut. Pada siklus kedua, jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas 70 meningkat menjadi 29 siswa, dengan tingkat ketuntasan mencapai 90,63% dari total 32 siswa, melampaui target 70%. Berdasarkan hasil penelitian, metode Picture And Picture terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Struktur Lapisan Bumi dalam mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut guna memperoleh wawasan yang lebih dalam dalam ruang lingkup yang serupa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfania, Galis Talia, et al. (2023)"Strategi Perencanaan dalam Penelitian Tindakan Kelas." Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1.2: 185-194.

Amrullah, Jadnika Dwi Rakhmawan, et al. (2024)"Efektivitas peran kurikulum merdeka terhadap tantangan revolusi industri 4.0 bagi generasi alpha." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4.4: 1313-1328.

Ardani, Ana Agung Made. (2021)"Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Pecahan Sederhana pada Mata Pelajaran Matematika di SD Inpres I Nambaru." Jurnal Paedagogy 8.2: 210-216.

Agustina, Agustina, Hendri Hendri, and Agung Riadin. (2024) "Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Metode Picture and Picture dengan Pemanfaatan Media Kartu Kata pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas I SDN 2 Kapuas Tengah." SEMNASFIP .

Darmawan, I. Putu Ayub, and Diana Kristanti. (2020)"Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Pembelajaran Di Sekolah Minggu." REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5.1: 1-12.

Dimyati, Fitria Aris. (2022)"Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Afektif dan Kognitif Siswa Sekolah Dasar pada Muatan IPA." Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu 2.1: 7-15.

Handayani, Lilik. (2022)"Project Based Learning dengan Strategi PTK (Praktik Tugas Kelompok) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Gunungsari." Jurnal Paedagogy 9.2: 288-293.

Hrp, Nurlina Ariani, et al. (2022)"Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran.".

Mudheri, Mudheri, Yunika Afryaningsih, and Yuni Listiarini. (2024)"Deskripsi Media yang Digunakan oleh Guru Kelas I dalam Modul Ajar Pembelajaran Membaca di SDN 9 Sungai Ambawang." Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5.5: 5627-5637.

Pagarra, Hamzah, Ahmad Syawaluddin, and Wawan Krismanto. (2022)"Media pembelajaran.".

Prihatini, Anugrah Suci, Syarifah Gustiawati, and Sutisna Sutisna. (2022)"Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mi Al–Ikhlas Cicadas Bogor." Koloni 1.3: 393-402.

Sadarsih, Ida Meinani. (2022) "Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA pada Materi Interaksi Mahkluk Hidup dengan Lingkungannya melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning." Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI) 3.2: 78-88.

Yuliani Putri, Tyas. (2023) Pengaruh Model Picture And Picture Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII Materi Kingdom Animalia Di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu. Diss. UIN Fatmawati Sukarno,

Published
2025-06-14
How to Cite
Latukau, M., & Amiruddin, U. (2025). Pemanfaatan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Struktur Lapisan Bumi Siswa Kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 6(1), 16-22. https://doi.org/10.63976/kuantum.v6i1.839