Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII MTs. Negeri 2 Halmahera Timur Pada Konsep Gelombang Bunyi Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi

  • Haryati Mahyudin Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Sains dan Ilmu Pendidikan Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Motivasi Belajar, Metode Demonstrasi, Gelombang Bunyi, Konsep Gelombang

Abstract

Dalam proses belajar mengajar dengan metode demonstrasi ini peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri mengenai suatu objek, keadaan, atau proses sesuatu. Pada konsep gelombang bunyi dengan mengunakan metode demonstrasi  merupakan salah satu materi yang harus dipelajari oleh peerta didik baik dalam bentuk penyajian materi maupun dalam bentuk eksperimen.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantatif. Besar pengaruhnya pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk = 1/23 diperoleh Ftab = 1,714 sedangkan Fhit =4,79 maka thit > ttab yang berarti bahwa H1 diterima dan H0 ditolak atau koefisien korelasi berarti. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh  variabel X terhadap Y yang bersifat positif dengan demikian dapat ditafsirkan bahwa pengaruh model pembelajaran demonstrasi pada konsep gerak jatuh bebas, pada peserta didik  MTs. Negeri 2 Halmahera Timur ditentukan oleh pengaruh motivasi belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Marthen Kanginan, Fisika Jilid 2B, Erlangga, Jakarta, 2004.

Nana Sudjana. (1996). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Neni Elvira., Neviyarni., Herman Nirwana. 2023. Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.767

Nurizati, Rangkuman Fisika SMA, Gagas Media, Jakarta, Cet. I, 2011

Nur et al 2001. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Oemar Hamalik. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta. Bumi Aksara.

Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan Pengembangan, Jakarta,

Suharsimi Arikunto 1995. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Jakarta, 2012.

Sunarti Rahman. 2021. Pentingnnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar

Sugiyono. 2009. Statistik Non Parametrik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Winke , 1984. Pengantar Statistik Pendidikan, Rajawali Pers, Jakarta, 2012.

Published
2025-06-06
How to Cite
Mahyudin, H. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII MTs. Negeri 2 Halmahera Timur Pada Konsep Gelombang Bunyi Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 6(1), 45-53. https://doi.org/10.63976/kuantum.v6i1.831