Peningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Inkuiri Berwawasan Lingkungan (PTK Pada Peserta Didik SMP Negeri I Halmahera Timur)

  • Endang Fitria STKIP Kie Raha
Keywords: Peningkatan Minat, Hasil Belajar, Inkuiri, Berwawasan lingkungan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research), yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar, minat belajar fisika dan hasil belajar fisika melalui pendekatan inkuiri berwawasan lingkungan yang dilaksanakan dalam dua siklus.         

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Harmahera Timur kelas VIII1. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis kualitatif dilakukan khusus pada hasil pengamatan aktivitas belajar peserta didik sedang analisis deskriptif diolah dengan menghitung rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis deskriptif dikelompokkan ke dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi, dengan mengacu pada tabel distribusi frekuensi. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, minat belajar fisika dan tes hasil belajar fisika.

            Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa, Aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran berlangsung melalui pendekatan inkuiri berwawasan lingkungan telah sesuai yang diharapkan, minat belajar fisika peserta didik meningkat menjadi kategori sangat tinggi, begitu pula dengan hasil belajar fisika peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan inkuiri berwawasan lingkungan dalam proses pembelajaran fisika dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika, minat belajar fisika, dan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Harmahera Timur Tahun Pelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfazani, M. R. (2021). Faktor pengembangan potensi diri: Minat/kegemaran, lingkungan dan self disclosure (Suatu kajian studi literatur manajemen pendidikan dan ilmu sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 586-597.

Dharmayanti, D. P. A. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI semester I SDN 3 Sudaji. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 152-161.

Firmansah, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Melalui Pemanfaatan Barang Bekas di SMA Negeri 1 Madapangga. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(01), 7-12.

Jannah, N., Farlina, A., & Sari, N. (2020). Religiusitas siswa dan sikap siswa pada mata pelajaran fisika. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 1-15.

Karim, A. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Lingkungan terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pallangga (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan pembelajaran PKN untuk meningkatkan minat belajar pada siswa SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 652-656.

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109-120.

Rohmah, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guide Inquiry terhadap High Order Thinking Skill pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Sitompul, D. N., & Hayati, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Games Terhadap Minatbelajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Pasiva Program Studi Pendidikan Akuntansi Fkip Umsu Ta 2017/2018. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(3), 243-253.

Sanjani, M. A. (2019). Pelaksanaan strategi pembelajaran inkuiri. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2), 40-45. https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.199

Sadjadi, D. (2022). Komponen Proses Pembelajaran Melalui Model, Pendekatan Strategi, Pendekatan Teknik, Dan Taktik. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 36-48.

Published
2024-12-31
How to Cite
Fitria, E. (2024). Peningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Inkuiri Berwawasan Lingkungan (PTK Pada Peserta Didik SMP Negeri I Halmahera Timur). KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 5(2), 106-122. https://doi.org/10.5281/zenodo.14862205