Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Halmahera Barat Pada Konsep Gerak Lurus
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) berpengaruh terhadap hasil belajar fisika Siswa kelas X SMA Negeri 13 Halmahera Barat pada konsep gerak lurus dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar Siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Halmahera Barat dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) pada konsep gerak lurus yang terdiri atas satu ruangan belajar/kelas yang berjumlah 26 Siswa sehingga dibagi menjadi dua kelompok untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimen dengan menggunakan rancangan desain nonequivalent control group dan teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sample. Sampel yang digunakan sebanyak 13 Siswa pada kelas eksperimen dan 13 Siswa pada kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah intrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan skor 0-1. Hasil penelitian ini diuji dengan statistia melalu program aplikasi IBM SPSS versi 26 uji “t”. berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung = 3,713 sedangkan nilai ttabel = 2,064. Sesuai dengan kriteria penerimaan diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikan 0.05 terhadap data posttest. Sesuai dengan uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan peningkatan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar fisika Siswa pada konsep gerak lurus.
Downloads
References
A.Yusuf Muri,. 2015 Asesmen dan Evalusai Pendidikan. PT Fajar Interpratama Mandiri
Frederick, Eugene Hecht. Fisika Universitas Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga, 2006
Permendikbud 65 Tahun 2013, Standar Kurikulum Proses Pendidikan
Permendikbud No. 69 Tahun 2013 tentang Kurikulum Fisika SMA 2017.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learnig)”, Jakarta: Lintas Media, 2014
Agus Sampurno. Penerapan Metode Belajar Aktif dan Pembelajaran Berbasis Proyek. Jakarta: PT Rinieka Cipta, 2000
Anas Sudjiono. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014
Rostina Sundayana. Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta, 2014.
Ruseffendi. Statistik Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Andira,1998
Dr. Kadir M.Pd, Statistika Terapan “Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian” Depok : Rajawali Pers 2017.