Pengaruh Pendekatan Ketrampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Getaran Dan Gelombang Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Halmahera Selatan
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VIII pada konsep getaran dan gelombang melalui keterampilan proses di SMP Negeri 17 Halmahera Selatan. Subjek dalam Penelitain ini adalah peserta didik Kelas VIII yang berjumlah 25 orang peserta didik.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan Hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal sebelum tindakan rata-rata aktivitas belajar peserta didik yang tuntas adalah 25%, Selama KBM, skor pencapaian yang diperoleh masing-masing siswa berada pada kualifikasi gagal sampai sangat baik. Rata-rata skor yang diperoleh adalah: (a) penilaian pada aspek kognitif= 74,43; (b) penilaian pada aspek psikomotor= 72,12; (c) penilaian pada aspek afektif = 67,27.Setelah KBM, hasil yang diperoleh masing-masing siswa berada di atas SKBM. Hal ini terlihat pada hasil tes akhir siswa, dengan rata-rata pencapaian siswa adalah 70,89. Nilai akhir (NA) siswa. Perolehan siswa pada hasil akhir berada di atas SKBM, dengan rata-rata pencapaian yang diperoleh siswa adalah 71,12.
Downloads
References
Hamalik O., 2007, Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.
Haryati M., 2006, Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi Teori dan Praktek, Jakarta, Gaung Persada Press.
Kanginan M., 2007, IPA Fisika Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta, Erlangga.
Lie A., 2002, Cooperative Learning, Jakarta, Grasindo.
Martinis Y., 2008, Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa, Jakarta Gaung Persada Press.
2006, Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta Gaung Persada Press.
Mulyasa E., 2006, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung, Rosdakaraya.
Prasodjo B. Dkk., 2003, Teori dan Aplikasi Fisika Untuk SMP Kelas 2, Bogor, Yudhistira.
Ratumanan T. G., 2002, Belajar dan Pembelajaran, Surabaya, Unesa University Press
Semiawan C., 1992, Pendekatan Keterampilan proses,Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar, Jakarta, Grasindo.
Slameto, 1997. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.
Sudjana, N. dan Ibrahim 1989, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung, Sinar Baru.
Sulistyanto H.dkk., 2006, IPA Fisika Untuk SMP/Mts Kelas VIII, Jakarta, Teguh Karya.
Suryosubroto B., 1997, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta, Rineka Cipta.
Suparno P., 1997, Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan,, Kanisius, Yogyakarta.
Sutardjo, 1998. Proses Belajar Mengajar Dengan Pendekatan Keterampilan Proses, Surabaya, SIC.
Syaiful B., 2002, Psikolgi Belajar, Jakarta, Rineka Cipta.
Taranggono A. dkk., 2002, Fisika Untuk SLTP Kelas 2,JakartaBumi Aksara