Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Investigasi Kelompok Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gaya Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malifut
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitaian PTK dengan desain penelitian adalah desain pre-tes post- tesĀ dengan beberapa kelompok. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal gaya dan percepatan dengan model pembelajaran investigasi kelompok.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malifut.berjumlah 128 siswa dan yang menjadi sampel 43 siswa sebagian dari populasi. Pengumpulan data mengunakan teknik tes awal dan tes ahir untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam menyelesaikan soal gaya dan percepatan dengan model pembelajaran kooperatif investigasi kelompok.
Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar siswa yaitu 0,64 yang di impelementasikan sedang. Dimana pada tes awal dan tes ahir meningkat secara klasikal dan individual dari rata-rata 44,41 menjadi 80,46. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif investigasi kelompok pada gaya dan percepatan dapat meningkatakan hasil belajar siswa.