DESKRIPSI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MANAJEMEN KURIKULUM OLEH KEPALA SEKOLAH MADRASAH ALIYAH SWASTA BABANG KEC. BACAN TIMUR KAB. HALMAHERA SELATAN

  • Darmawati Bahar Madrasa Aliyah Swasta Babang

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mendiskripsikan serta menganalisis mengenai sistem peningkatan mutu pembelajaran Fisika dengan berbasis penguatan manajemen kurikulum di Madrasah Aliyah Swasta Babang Kec. Bacan Timur Kab. Halmahera Selatan. Dari hasil penelitian ini sangat diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam upaya meningkatan kualitas pembelajaran dan menambah pengetahuan terkait dengan manajemen kurikulum yang merupakan landasan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran Fisika di Madrasah khusunya di madrasah Aliyah Swasta Babang Kec. Bacan Timur Kab. Halmahera Selatan. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah  pendekatan kualitatif jenis fenomenologis, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan Focus Group Discussion.  Yang menjadi sumber data dalam  penelitian ini diantaranya penelitih sendiri sebagai kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, guru Fisika yang terdiri dari 2 orang dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunkan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan.

Adapun temuan dalam penelitian ini diantaranyan pertama implementasi manajemen kurikulum  di Madrasah  Aliyah Swasta Babang Kec. Bacan Timur Kab. Halmahera Selatan tiga aspek meliputi; Pertama perencanaan kurikulum Fisika dibahas dalam sebuah kegiatan musyawarah Guru Mata Pelajaran dengan menghadirkan tim kurikulum, komite madrasah, dan empat orang guru Fisika. Aspek yang kedua  pelaksanaan kurikulum Fisika, terlebih dahulu peneliti selaku kepala Madrasah Aliyah Swasta Babang Kec. Bacan Timur Kab. Halmahera Selatan menggembangkan kemampuan guru Fisika dengan mengadakan PKG bagi guru Fisika serte mendelegasikan guru Fisika untuk mengikuti BIMTEK guru Fisika. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Fisika, setiap Guru Fisika menyiapkan  kerangka pembelajaran atau yang disebut dengan RPP yang mengacu pada Indikator dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Aspek yang ketiga Pelaksanaan Evaluasi Kurikulum Fisika dilaksanakan melalui dua periode yaitu: Periode tahun pelajaran baru dan periode semester, periode ini dilakukan secara berkesenambungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-14
How to Cite
Bahar, D. (2021). DESKRIPSI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MANAJEMEN KURIKULUM OLEH KEPALA SEKOLAH MADRASAH ALIYAH SWASTA BABANG KEC. BACAN TIMUR KAB. HALMAHERA SELATAN. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 1(1), 79-107. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/kuantum/article/view/237