Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Beraturan (GLB) Di SMA Negeri 10 Kota Ternate
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitaian PTK dengan desain penelitian adalah desain pre-tes post- tes dengan beberapa kelompok. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal gaya dan percepatan dengan model pembelajaran investigasi kelompok.
Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2SMA N 10 Kota Ternate berjumlah 30peserta didik, yang terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 13peserta didik perempuan. Pengumpulan data mengunakan teknik tes awal tes siklus I, dan tes siklus II, serta data observasi guru dan observasi sisswa disetiap siklus, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak lurus beraturan dengan model pembelajaran kooperatif inkuiri.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gerak lurus beraturan (GLB) di SMA N 10 Kota Ternate sangat memadai. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal sebelum tindakan rata-rata aktivitas belajar peserta didik yang tuntas adalah 60%, setelah dilakukan penelitian siklus I namun belum mengalami peningkatan hasil belajar. Presentase ketuntasan peserta didik pada siklus I hanya mencapai 57%, dan setelah melakukan penelitian siklus II presentase hasil ketuntasan peserta didik meningkat menjadi 87%.