Pembelajaran Mitigasi Bencana Berbasis Etnosains Melalui Media Augmented Reality (AR) Terhadap Kemampuan Kesiapsiagaan Siswa Sekolah Menengah di Kota Ternate
Abstract
Kebutuhan akan media pembelajaran mitigasi bencana berbasis etnosains melalui desain media Augmented Reality dengan sasaran dapat meningkatakan kemampuan kesiapsiagaan siswa sekolah menengah di Kota Ternate. Pembelajaran mitigasi bencana yang didesain melalui media AR bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang efektif, interaktif, visual dan kontekstual sehingga meningkatkan pemahaman konsep menegnai kesiapsiagaan mitigasi bencana serta keterlibatan siswa secara aktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji efektivitas pembelajaran mitigasi bencana melalui media Augmented Reality (AR) berbasis etnosains dalam meningkatkan kemampuan kesiapsiagaan bencana siswa SMP Negeri 3 Kota Ternate. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan EDDIE. Hasil tes kemampuan kesiapsiagaan siswa kelas VIIIA untuk pretest didapatkan sebesar 22.53 % dan posttest 79.69% dengan iterpretasi N-Gain sebesar 0.73 kategori tinggi. Selanjutnya hasil perolehan N Gain pada tes kemampuan kesiapsiagaan siswa di kelas VIIIB untuk pretest sebesar 39.56 % dan posttest 85.44% dengan iterpretasi N-Gain sebesar 0.80 kategori tinggi. diperoleh rata-rata persentase pada kelas VIIIA sebesar 88.89 % dan rata-rata persentase pada kelas VIIIB sebesar 94.44 %. Dengan demikian persentase ketuntasan tes kemampuan kesiapsiagaan siswa berada pada interpretasi sangat baik
Downloads
References
Akçayır, M., & Akçayır, G. (2017). Advantages and challenges associated with augmented reality for education: A systematic review of the literature. Educational Research Review, 20, 1-11. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2016.11.001
Amaliyah, R., Hakim, L. Lefudin. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di SMA. Kumparan Fisika, 6, (1), 65-74. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.6.1.65-74
Arman. Pengembangan Media Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan (Skirpsi). 2020. Universitas Borneo Tarakan.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bencana di Indonesia. (2023).
B. Hayudityas. (2020). Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. J. Edukasi Nonform, 1, (2), 111-125. https://doi.org/10.52265/jdi.v6i1.122
Cheng, K. H., & Tsai, C. C. (2013). Affordances of augmented reality in science learning: Suggestions for future research. Journal of Science Education and Technology, 22, (4), 449 462. https://doi.org/10.1007/s10956-012-9405-9
Desderius, K., Arrinjani, M. S. B., Sa’adia, Z. F., & Lie, F. R. (2024). Analisis Tingkat Risiko Bencana Tanah Longsor di Wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur. REGION: Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif, 19, (1), 200–210.
Fajar Wahyushi Fuedsi, dkk. (2024). Efektivitas Edukasi Mitigasi Bencana Berbasis Augmented Reality terhadap Kesiapsiagaan Bencana banjir Rob pada Siswa di SD Islam Hasanuddin 04 Semarang. Geo-ImageJournal, 14, (1), 04-30. https://journal.unnes.ac.id/journals/geoimage/index
Habibatul Khoiriah.( 2024). Peran Teknologi Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Studi Kasus Pemanfaatan AR untuk Meningkatkan Kualitas Sarana Prasarana Pendidikan. An-Nahsru: Jurnal Bimbingan & KonselingPendidikan Islam, 3, (1), 1-12. https://jurnal-desain indonesia.com/index.php/jdi/article/download/122/79
Khair, N., & Fauzi, A. (2022) Efektivitas E-Book Fisika SMA/MA Terintegrasi Materi Gempa Bumi Berbasis Research BasedLearning UntukMeningkatkanSikap SiapsiagaPeserta Didik. JurnalEksakta Pendidikan (Jep), 06, (1), 44–51. https://doi.org/10.24036/jep/vol6 iss1/650
MarinuWarumu. ( 2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan, dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9, (7), 1220-1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Marsaoly, N., Togubu, J., & Nagu, N. (2023). Sosialisasi Pengurangan Risiko Bencana Gempa bumi Di Smk Misbahul Aulad Halmahera Selatan. Jurnal PengaMAS, 5, (2), 160–169. https://doi.org/10.33387/pengamas.v5i2.4540
Mufidah, Z., Darmayanti, M., & Hendriani, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Augmented Reality di Sekolah Dasar:A Systematic Literature Review and Bibliometric Analysis. Belantika Pendidikan. 7, (1), 38-45. https://kayonmedia.com/jurnal/index.php/bp/article/view/265
Mukhlis Mustofa & Oktiana Handani. (2020) Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal dalam Penguatan Karakter Siapsiaga Bencana. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 04, (02), 200-209. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2776
Nagu, N. (2023). Literasi Bencana untuk Anak Usia Sekolah di Kelurahan Kastela, Kota Ternate. Journal of Khairun Community Services, 3, (1), 44-50. https://doi.org/10.33387/jkc.v3i1.6198
Nawangasri, I. A. ,& Wulandari, S. (2025.) Aplikasi Mobile Android Offline Survival Kit Indonesia dan Mitigasi Bencana. Technologia: Jurnal Ilmiah, 16, (2), 232-239. http://dx.doi.org/10.31602/tji.v16i2.17586
Prayogi, S. F., & Hendarto, H. (2022). Eksperimen Alat Peraga Pendidikan tentang Gempa Bumi dan Mitigasinya untuk Anak Sekolah Dasar dengan Fitur Augmented Reality (AR). Jurnal Desai Indonesia, 3, (1), 111-125. https://jurnal-desain-indonesia.com/index.php/jdi/article/download/122/79
Rohimah, R., & Hermanto, F.( 2023). Kearifan Lokal Berbasis Mitigasi Bencana pada Masyarakat Pesisir Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Sosiolium, 5, (1), 26-33. https://journal.unnes.ac.id/sju/sosiolium/article/download/58297/24135
Sadewa, R., Andreswari, D., & Erlanshari, A. (2023). Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran BencanaTanah Longsor untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Rekursif, Universitas Bengkulu, 7, (2),187-193. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/article/download/9025/4610
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukarelawa, M. I., Indratno, T. K., Suci, M., Ayu, S.M. (2024). N-Gain vs Stacking: Analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretest-posttest (1St Ed). Yogyakarta: Suryacahya.
Utomo. E.P. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Komik untuk MeningkatkanLiterasi Ekonomi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35, (1), 1-10. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.14015
Wildan Ichsan Sabila dan Farizky Hisyam. (2020). Ternate’s Operation Dynamo (TOD), Manifestasi Sektor Maritim Dalam Mitigasi Bencana untuk Mewujudkan Kota Ternate Sebagai Resilient City. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana. 11, (2), 187-194. https://jdpb.bnpb.go.id/index.php/jurnal/article/view/174/164
Yani, Y., Maryani, E., & Yani, A. (2024). Analisis Pengintegrasian Pendidikan Mitigasi Bencana pada Pembelajaran di Indonesia. Proceedings ofPendidikan GeografiUMP, 6, (1), 11-17. https://doi.org/10.30595/pssh.v16i.100







