Penerapan Metode Siklus Belajar Karplus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 6 Kota Ternate kelas X Pada Materi Hukum Newton

  • Rusni R Rifai Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara
  • Siti Nahria Hasan Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Metode Karplus, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Hukum Newton

Abstract

Metode Siklus Belajar Karplus adalah  model pembelajaran konstruktiv Model ini terdiri dari tiga tahap utama Eksplorasi, Penjelasan Konsep, dan Aplikasi konsep  yang tujuannya adalah untuk membantu siswa membangun pemahaman mereka sendiri melalui pengalaman dan interaksi dengan lingkungan belajar. Dengan menggunakan metode siklus belajar karplus pada Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Ternate dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X yang berjumlah 34 siswa pada materi Hukum Newton. Analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif berupa tes hasil belajar dan data kualitatif berupa lembar observasi. Dari analisis yang digunakan diperoleh hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69,49 % dan siklus II sebesar 89,94 %. Sedangkan hasil tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 69 pada siklus II menajadi 83 dengan nilai terendah 73 dan nilai tertinggi 85. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode siklus belajar Karplus dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA negeri 6 Kota Ternate pada materi Hukum Newton

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriani. (2009). “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme Dengan Metode Siklus Belajar Karplus Pada Siswa Kelas XI IPA2 SMA Negeri 9 Makassar”. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Astutik, Sri. (2012). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Siklus Belajar (learning cycle 5e) Berbasis Eksperimen Pada Pembelajaran Sains di SDN Patrangi Jember”.Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: FKIP Universitas Jember

Dewiatmini, Pramita. (2010) upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 14 Yogyakarta Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions(Stad. Yokyakarta. UNY.

Hamzah B. Uno.(2006) Oriantasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana, Sudjana. (2000)” Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rodaskarya.

Putu Widi,dkk. (2012) “Penerapan Pembelajaran Konstrukvisme dengan Siklus Belajar Karplus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa VIIb3 SMP Negri 14 Palu. Sulewesi Tengah”. Jurusan Pendidikan Fisika MIPA Universitas Tadulako.

Riandi, Seven. (2007) “Meningkatkan Hasil Belajar Fsika Siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 3 Makassar Melalui Pemberian Kuis Dalam Pembelajaran. Skripsi. Universitas negeri Makassar.

Robert E, Slavin. (2005) COOPERATIVE LEARNING Teori Riset dan Praktik. London: Allymand Bacon.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. (2007) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. 2007.

Published
2025-06-30
How to Cite
Rifai, R., & Hasan, S. (2025). Penerapan Metode Siklus Belajar Karplus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 6 Kota Ternate kelas X Pada Materi Hukum Newton. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 6(1), 149-157. https://doi.org/10.63976/kuantum.v6i1.1000