Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Matematika Smp Kota Tidore Kepulauan Melalui Pendekatan Humanistik
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran peningkatan kompetensi profesional guru matematika SMP di kota Tidore Kepuluan melalui pendekatan humanistik. Subyek dalam penelitian ini adalah guru matematika SMP kota Tidore Kepuluan yang berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan melalui hasil analisis observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksikan diri apakah guru telah mampu meningkatkan kompetensi profesionalnya. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase guru yang menunjukkan peningkatan kompetensi profesional yang diharapkan, terlihat pada siklus I: (a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diperoleh hasil 80,75%, (b) Proses Pembelajaran 81,00%, dan (c) pelaksanaan valuasi sebesar 84,14%. Siklus II terjadi peningkatan menjadi: (a) rencana pembelajaran sebesar 85,25%, (b) pelaksanaan proses pembelajaran sebesar 86,47%, dan (c) pelaksanaan penilaian sebesar 87,13% .Selain itu telah dirumuskan langkah-langkah hipotesis bahwa “jika penggunaan pendekatan humanistik maka kompetensi profesional guru dapat ditingkatkan” dapat diterima
Downloads
References
Anwar, 2004. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung; Alfabeta
Aryan, 2007. Kompetensi Profesional dan Kompetensi Akademik Guru Matematika. (http:www. Kompetensi Profesional dan Kompetensi Akademik Guru Matematika « Anugerah 'Jang Guru'.htm) diakses, 16 Desember 2010
Profesional. Bandung: Rosdakarya
Indrawati, Yuliani. 2006. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK ) Pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Tesis.
Kemmis, McTaggart, 1988. Practical Aspects Of Authentic Assesment : Putting The Pieces Together, Christtopher-Gordon Publisher, Inc. Norwood, MA.
Mulyasa, 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya
Syah. 2000. Profil Pendidik Profesional. Yogjakarta: Andi Offset
Surya, Ibrahim. 2003. Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka
Surya Dharma, Manajemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya, Pustaka Pelajar,
Yogyakarta, 2005, hlm. 102-103
Syamsudin, Abin. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untk Guru. Jakarta: Pustaka Jaya
Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosda karya
Yuli, 2009. Teknik dan Pendekatan Supervisi Pendidikan. (http: teknik-dan-pendekatan-supervisi.html) diakses 27 Januari 2011