Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Matematika Smp Kota Tidore Kepulauan Melalui Pendekatan Humanistik

  • Soleman Talib Universitas Bumi Hijra Tidore
Keywords: kompetensi profesional, pendekatan humanistik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran peningkatan kompetensi profesional guru matematika SMP di kota Tidore Kepuluan melalui pendekatan humanistik. Subyek dalam penelitian ini adalah guru matematika SMP kota Tidore Kepuluan yang berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan melalui hasil analisis observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksikan diri apakah guru telah mampu meningkatkan kompetensi profesionalnya. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase guru yang menunjukkan peningkatan kompetensi profesional yang diharapkan, terlihat pada siklus I: (a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diperoleh hasil 80,75%, (b) Proses Pembelajaran 81,00%, dan (c) pelaksanaan valuasi sebesar 84,14%. Siklus II terjadi peningkatan menjadi: (a) rencana pembelajaran sebesar 85,25%, (b) pelaksanaan proses pembelajaran sebesar 86,47%, dan (c) pelaksanaan penilaian sebesar 87,13% .Selain itu telah dirumuskan langkah-langkah hipotesis bahwa “jika penggunaan pendekatan humanistik maka kompetensi profesional guru dapat ditingkatkan” dapat diterima

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Akbar, 2009. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung; Remaja Rosda karya

Anwar, 2004. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung; Alfabeta

Aryan, 2007. Kompetensi Profesional dan Kompetensi Akademik Guru Matematika. (http:www. Kompetensi Profesional dan Kompetensi Akademik Guru Matematika « Anugerah 'Jang Guru'.htm) diakses, 16 Desember 2010

Profesional. Bandung: Rosdakarya

Indrawati, Yuliani. 2006. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK ) Pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Tesis.

Kemmis, McTaggart, 1988. Practical Aspects Of Authentic Assesment : Putting The Pieces Together, Christtopher-Gordon Publisher, Inc. Norwood, MA.

Mulyasa, 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya

Syah. 2000. Profil Pendidik Profesional. Yogjakarta: Andi Offset

Surya, Ibrahim. 2003. Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka

Surya Dharma, Manajemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya, Pustaka Pelajar,
Yogyakarta, 2005, hlm. 102-103

Syamsudin, Abin. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untk Guru. Jakarta: Pustaka Jaya

Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Usman,  Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosda karya

Yuli, 2009. Teknik dan Pendekatan Supervisi Pendidikan. (http: teknik-dan-pendekatan-supervisi.html) diakses 27 Januari 2011
Published
2021-12-13
How to Cite
Talib, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Matematika Smp Kota Tidore Kepulauan Melalui Pendekatan Humanistik. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 2(2), 100-111. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jimat/article/view/454