Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa

  • Soleman Talib Universitas Bumi Hijra Tidore

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 4 SDN Mafututu Kecamatan Tidore. Siswa yang dikenai tindakan kelas berjumlah 31 orang, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 15 perempuan yang rata-rata memiliki kemampuan sedang pada mata pelajaran matematika dengan tingkat ketuntasan belajar antara 54,8 % - 63 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Mafututu Kecamatan Tidore Timur dalam pembelajaran luas bangun datar. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I diperoleh hasil yaitu 31 orang peserta didik hanya 21 orang atau 67,74% yang memperoleh ketuntasan belajar, mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus II sebesar 16,13% sehingga siswa yang mengalami ketuntasan belajar mencapai 26 orang atau 83,87%. Peningkatan hasil belajar itu tidak terlepas dari adanya peningkatan motivasi belajar matematika yang dapat dilihat dari angket motivasi menunjukkan persentase rata-rata motivasi intrinsik siswa tinggi secara klasikal pada siklus I sebesar 65,65% merningkat menjadi 81,08% pada siklus II.  Sedangkan persentase rata-rata motivasi ekstrinsik siswa yang tinggi secara klasikal pada siklus I sebesar 66,86% meningkat menjadi 80,24% pada siklus II. Dengan demikian hipotesis tindakan “Jika dalam pembelajaran materi luas bangun datar dilakukan dengan pendekatan kontekstual, maka motivasi dan hasil belajar siswa akan meningkat” diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007. Model Model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Depertemen Pendidikan Nasional (2008) Materi Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Departemen Pendidikan Nsional.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta,
2009)
Idham Kholid, “Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Asing”, Jurnal Tadris, vol 10 No. 1 (2017)
Karso dkk, (2007) Pendidikan Matematika 1, Jakarta: Universitas Terbuka.
Majid, Abdul.(2005), Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurul Hidayah & Fikki Hermansyah “Hubungan antara Motivasi Belajar dan
Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume. 3 No. 2,
Oemar Hamalik, Kurikulum Dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Bumi Aksara,
2013).
Mulyono Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta,
2012)
Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar,
(Bandung: PT Refika Aditama, 2010).
Rusdyi, R., & Nur, I. M. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Problem solving dengan Jigsaw. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 47-53.
Sutikno, M. Sobry, (2007), Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna, Cet. II; Mataram: NTP Press.
Taufik Agus, Mikarsa L. Hera, Priannto L. Puji, (2010). Jakarta: Universitas Terbuka.
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Rajawali
Pers, 2011
Uno, Hamzah B, (2010), Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakatrta, Bumi Aksar
Published
2022-12-09
How to Cite
Talib, S. (2022). Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 3(2), 77-87. https://doi.org/10.5281/zenodo.7634299