Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika
Abstract
Dalam pandangan siswa pada umumnya, matematika merupakan pelajaran yang sulit untuk dipahami. Siswa merasa tidak senang, tidak tertarik dan siswa tidak efektif selama pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan selama proses pembelajaran kegiatan belajar mengajar, guru hanya sebagai sumber informasi, sedangkan siswa hanya menerima informasi ,sehingga penulis berharap dengan menggunakan pembelajaran kontekstual, dapat meningkatkan kemampuan kreatif siswa.dalam mengikuti pembelajaran matematika.karena pembelajaran berbasis kontekstual berharap guru dalam memberikan materi pelajaran dapat menghubungkan antara konsep dengan pembelajaran siswa dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari,menghubungkan antara konsep selesai bersandar dan memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuan sendiri, menemukan, kerja kelompok dan membuat refleksi. Sehingga penerapan pembelajaran kontekstual lebih memungkinkan siswa untuk memahami atau merealisasikan proses tugas matematika dengan tidak bersandar pada hati tetapi lebih mengarah pada tujuan mereka. pemahaman saja dengan sesuai apa yang dapat mereka temukan.
Downloads
References
Hutagaol K(2007), Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan Kemampuan representasi matematis siswa SMP. Tesis pada PPS UPI,
Hulukati Evi. 2005. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Generatif. Desertasi: PPS UPI Bandung,
Istiqomah(2007),Upaya meningkatkan kemampuan komunikasai matematika siswa kelas IV SD NegeriI Sekaran 2.skripsi UnnesSemarang,
Johnson (2002),Contekstual Teaching Learning,
Maulia S.M (2009), Pengaruh siklus belajar dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP. Skripsi UPI Bandung,
NCTM, ̀³Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics‘ (Reston: VA:NCTM, 1986), hal : 103
Heris dkk Hedriana, Hard Skills Dan Soft Skill Matematik Siswa (Bandung: Rafika Aditama, 2017). Hal : 56.