Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

  • soleman Talib Universitas Bumi Hijra Tidore

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran PQ4R dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 12 Tidore Kepulauan pada semester ganjil tahun 2020/2021. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik random sampling. Sampel yang terpilih dikelompokkan dalam dua jenis yakni penggunaan strategi pembelajaran PQ4R dan strategi pembelajaran konvensional.Pengukuran hasil belajar matematika dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika materi bilangan bulat. Untuk pengukuran minat belajar digunakan instrumen dalam bentuk pernyataan yang mengacu pada skala Likert.Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dan uji Tuckey sebagai Uji lanjut karena masing-masing kelompok data memiliki jumlah sampel yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari menggunakan strategi pembelajaran konvensional.(2) terdapat  interaksi antara strategi pembelajaran PQ4R dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) dengan uji Tuckey diperoleh hasil bahwa siswa yang mempunyai minat tinggi, hasil belajar matematika pada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih tinggi dari hasil belajar matematika pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional.(4) swa yang mempunyai minat rendah, hasil belajar matematika pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran PQ4R tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, N. (2000). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) pada Pembelajaran Matematika di SMU. UNS. Tidak diterbitkan

Arends, Richard I. (2000). Learning To Teach. New York: The Mc Graw-Hill Company.

Russeffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Suchaini. Teori Berpikir Kreatif (http/wordpress.com diakses 15 Desember 2008)

Sugiyono. (2005). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

. . . . . . . . (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sulistyowati. (2009). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis di SMU (2009). Pascasarjana UNG. Tidak diterbitkan

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

. . . . . . . . . (1999) Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Suryabrata, S. (2004). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Rajagrafindo Persada

Suryadi & Herman. (2004). Eksplorasi Matematika. Pembelajaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Karya Duta Wahana

Susilawati, W. (2004). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengajukan dan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Sutawijaya, A. (1998). Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Upaya-Upaya Meningkatkan Peran Pendidikan Matematika dalam Menghadapi Era Globalisasi. Malang: Tidak diterbitka.

Published
2021-06-01
How to Cite
Talib, soleman. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 2(1), 34-40. https://doi.org/10.5281/zenodo.4870788