Pengaruh Kemampuan Awal Matematika, Lingkungan Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan langsung maupun tidak langsung antara kemampuan awal matematika, lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.Pada dasarnya penelitian ini adalah penelitian survey yang menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X Jurusan IPA SMA Negeri 9Tidore Kepulauan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 50 orang. Terdapat empat variabel yang dijadikan obyek penelitian, yakni dua variabel eksogenus yang meliputi kemampuan awal matematika dan lingkungan belajar serta variabel endogenus yang meliputi kemandirian belajar dan hasil belajar matematika. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data penelitian adalah: (a) terdapat pengaruh langsung positif kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika; (b) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika; (c) terdapat pengaruh langsung positif kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika; (d) terdapat pengaruh langsung positif kemampuan awal matematika terhadap kemandirian belajar; (e) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar.
Downloads
References
Abdurrahman, Maman & Muhidin, Sambas Ali. 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. Terjemahan oleh Helly Prajitno Sucipto dan Sri Mulyantini Sucipto. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Astuti, P. S. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap
Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68-75.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri.2008.Rahasi Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali, Muljono, dan Pudji. 2008. Pengukuran Dalam Bidang pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.
Fatchurrochman, Nanang. 2008. Teaching With Love. Jakarta: Pustaka.
Rusdyi, R., & Nur, I. M. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Problem solving dengan Jigsaw. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 47-53.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005), hlm. 21.