Pengaruh Kemampuan Awal Matematika, Lingkungan Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

  • Soleman Talib Universitas Bumi Hijra Tidore
Keywords: kemampuan awal matematika, lingkungan belajar, kemandirian belajar dan hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan langsung maupun tidak langsung antara kemampuan awal matematika, lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika.Pada dasarnya penelitian ini adalah penelitian survey yang menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X Jurusan IPA SMA Negeri 9Tidore Kepulauan Tahun Pelajaran 2018/2019  yang berjumlah 50 orang. Terdapat empat variabel yang dijadikan obyek penelitian, yakni dua variabel eksogenus yang meliputi kemampuan awal matematika dan lingkungan belajar serta variabel endogenus yang meliputi kemandirian belajar dan hasil belajar matematika. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data penelitian adalah: (a) terdapat pengaruh  langsung positif kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika; (b) terdapat pengaruh langsung positif  lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika; (c) terdapat pengaruh langsung positif kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika; (d)  terdapat pengaruh langsung positif  kemampuan awal matematika   terhadap kemandirian belajar; (e) terdapat pengaruh langsung positif lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Nurhayati.2000. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Pada Pembelajaran Matematika SMU.Tesis tidak diterbitkan di Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Abdurrahman, Maman & Muhidin, Sambas Ali. 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Arends, Richard. 2007. Learning To Teach. Terjemahan oleh Helly Prajitno Sucipto dan Sri Mulyantini Sucipto. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Astuti, P. S. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap
Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68-75.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri.2008.Rahasi Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali, Muljono, dan Pudji. 2008. Pengukuran Dalam Bidang pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.
Fatchurrochman, Nanang. 2008. Teaching With Love. Jakarta: Pustaka.
Rusdyi, R., & Nur, I. M. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Problem solving dengan Jigsaw. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 47-53.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005), hlm. 21.
Published
2022-06-06
How to Cite
Talib, S. (2022). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika, Lingkungan Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 3(1), 34-44. https://doi.org/10.5281/zenodo.7634245