Presepsi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Terhadap Perkuliahan Luring Pasca Pandemi Covid-19 Di Universitas Pendidikan Indonesia
Main Article Content
Abstract
Virus Corona (Covid-19) berlangsung selama 3 tahun (2019-2022) kebijakan physical distancing sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 yang berdampak pada pola pembatasan aktivitas manusia dalam berbagai sektor kehidupan, salah satunya yaitu pada bidang Pendidikan. Perkuliahan Luring menggantikan perkuliahan daring yang menimbulkan peralihan/adaptasi. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Jurusan Ilmu Keolahragaan (IKOR) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Pasca Pandemi Covid-19 dan mengetahui landasan untuk perbaikan yang diperlukan pada penyelenggaraan perkuliahan dan pendidikan pada bidang keolahragaan. Metode yang digunakan yaitu kualitatif berbentuk quisioner, kemudian sample yang digunakan adalah mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Keolahragaan UPI. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pasca pandemi covid-19 perkuliahan luring sangat diperlukan oleh mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Keolahragaan untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, dengan demikian perlu nya perubahan pergerakan metode pembelajaran seperti perubahan dalam model pembelajaran yang dilakukan oleh dosen, seperti Pengembangan Konten Interaktif, Dosen Pelatihan, Pemanfaatan Platform Pembelajaran Online, dan Penelitian dan Pengembangan.