Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Himpunan Di MTs AN-Nur Susupu

  • Jufri Ade STKIP Kie Raha

Abstract

Saat ini pelaksanaan pembelajaran di MTs An-nur Susupu khususnya pada mata pelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran langsung. Pada pembelajaran ini, peran guru sangat dominan dan cenderung guru hanya sebagai pentransfer pengetahuan dan informasi kepada siswanya. Tidak dapat dipungkiri bahwa pembelajaran seperti ini, membuat siswa merasa jenuh dan bosan sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar. Hasil ini mengakibatkan dalam diri siswa tidak terjadi perubahan sehingga berdampak hasil belajar menjadi rendah. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTsAn-nur Susupu. Dalam usaha meningkatkan hasil belajar, penulis menerapkan metode pembelajaran Problem Solving pada pokok bahasan Himpunan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII Mts An-nur Susupu. Adapun metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan II siklus terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Tehnik pengumpulan data digunakan observasi, tes awal, tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi himpunan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Solving berkualifikasi amat baik 68,75%, kualifikasi baik 25%, kualifikasi cukup 6,25%, kualifikasi kurang 0%, dan kualifikasi sangat kurang juga 0% atau tidak ada. 2). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi himpunan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan rumus N-gain diperoleh nilai rata-rata pretest dan nilai posttest 84,68 peningkatan sebesar 17,81yang menunjukan bahwa peningkatan berada pada interperensi tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Gafur, A. K., & Umar, A. (2020).Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Daerah Tertinggal.Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(2), 96–101. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss2year2020page96-101

Amir, Irmawati, & Habsyi, Rusdyi.(2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Strategi Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Pada Materi Statistik. https://doi.org/10.5281/ZENODO.5717547

Amiruddin, U. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Halmahera utara Pada Materi Memahami Permasalahan Ekonomi. https://doi.org/10.5281/ZENODO.6372704

Anam, A. B., Marsitin, R., & Sesanti, N. R. (2021).Penerapan Pendekatan Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.4(2), 8.

Faelasofi, R., Arnidha, Y., & Istiani, A. (2015).Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika.1(2), 16.

I Komang Sukendra. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Aplikasi Zoom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4661195

Leliana, A. D., Rochaminah, S., & Awuy, E. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan Di Kelas Vii B Smp Katolik St. Paulus Palu. 12.

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018).Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140

Pinahayu, E. A. R. (2017). Problematika Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Pelajaran Matematika Smp Di Brebes. 9.

Putri, N. E., Zulyadaini, Z., & Relawati, R. (2019).Studi Perbandingan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas Vii Smpn 6 Kota Jambi.PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 91. https://doi.org/10.33087/phi.v3i2.72

Rusdyi, R., & Nur, I. M. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Problem solving dengan Jigsaw. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 47-53.

Yansen, I. K. E. (n.d.).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di Kelas Vii Smpn 9 Palu. 12.

Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022).Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan.Jurnal Basicedu, 6(3), 3420–3427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624

Published
2022-06-06
How to Cite
Ade, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Himpunan Di MTs AN-Nur Susupu. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 3(1), 1-8. https://doi.org/10.5281/zenodo.6616657