Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Limit Fungsi Aljabar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar melalui model pembelajaran Discovery Learning. Instrument yang digunakan terdiri dari soal tes (pretest dan posttest). Untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu Pedoman Acuan Patokan (PAP) skala 5 dan perhitungan gain ternormalisasi (N-gain).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning berkualifikasi amat baik 12,5%, kualifikasi baik 25%, kualifikasi cukup 25%, kualifikasi kurang 31,25%, dan kualifikasi sangat kurang 6,25%. 2). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan rumus N-gain diperoleh nilai rata-rata pretest dan nilai posttest 84,75 penigkatannya sebesar 0,71 yang menunjukan bahwa peningkatan berada pada interperensi tinggi.
Downloads
References
Arikunto, S. 2011. Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta:Aditya Media.
Perdana, R. dkk. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Limit Fungsi Aljabar Di Kelas XI SMA Darul Ulum 1 Peterongan”. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, vol 27 no 1. (http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v27i1.2099).
Suyono dan Hariyanto. 2011. “Belajar dan Pembelajaran”. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Sumarnaya I. Nengah. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika”. Emasains, vol 7 no 1. Klungkung: SMPN 1 Dawan.
Yovika, S. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Limit Fungsi Aljabar Menggunakan Discovery Learning Di Sman 10 Palembang” jurnal ilmiah pendidikan matematika, vol 1, No 2. Palembang: Universitas Sriwijaya.