Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bilangan Bulat
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan bulat(Suatu penelitian pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Halmahera TengahTahun ajaran 2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengmpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi siswa dan hasil tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (tgt) dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematika siswa kelas VII SMP tahun ajaran 2022 pada siklus I presentasi keaktifan siswa besebar 56% dan presentasi klasikal sebesar 50%, dan pada siklus II Mengalami peningkatan keaktifan sebesar 59% dengan ketuntasan klasikal sebesar 50% Hasil penelitian menunjukan bahwa medel pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Halmahera Tengah materi Bilangan Bulat 2022 pada siklus I nilai rata-rata yang di peroleh siswa masih kurang yaitu 46,2 Dengan ketentuan klasikal 47%, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,85 Dengan ketentuan klasikal 80%.
Downloads
References
AP, N., & Amir, A. E. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Sd Inpres 7/83 Pasempe Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(2), 53. https://doi.org/10.26858/jkp.v2i2.6945
Bahri, H. A., & Rifai, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT dengan Alat Peraga Ultaphygo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 110. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1767
Saragih, E., & Wedyawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar the Application of the Tgt Learning Model in Improving Learning Outcomes of Roman Numerals. Research of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 14–24.
Setianingsih, D., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 8 Surabaya. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 24–37. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.75
Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010
Sudimahayasa, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, Dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 45–53. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6917
Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618
Suryani, A., Suarjana, I. M., & Artini, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 29. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38986
Teams, T., Tournament, G., Terhadap, T. G. T., & Matematika, B. (2021). Journal Pendidikan Matematika. 1(November).
Wahyudi, W., Budiman, D., & Saepudin, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam Pembelajaran Permainan Bola Besar Berorientasi Sepak Takraw untuk Meningkatkan Kerjasama dan Keterampilan Bermain. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 1. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11732