Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Learning Cell Dan Metode Pembelajaran Langsung Pada Konsep Bunyi Di MTs Babingkas Toniku

  • Marwiya Muksin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengingkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran learning cell dan metode pembelajaran langsung pada konsep bunyi.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen tipe pretest-posttest control group design. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah seluruh siswa  kelas  VIII Madrasah Tsanawiyah Babingkas toniku, dengan jumlah siswa adalah 65 siswa yang terdiri dari 3 kelas, yaitu, kelas VIIIA terdiri atas  22 siswa, kelas VIIIB terdiri atas  21 siswa dan kelas VIIIC terdiri 22 siswa.  Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas (43 siswa) yaitu kelas VIIIA yang terdiri atas 22 siswa, dan kelas VIIIB yang terdiri atas 21 siswa, yang diambil secara cluster sampling, dan kemudian kedua kelas tersebut ditentukan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes hasil belajar. Tes dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran. Bentuk soal tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dalam bentuk essay yang berjumlah 7 item dengan skor total 50.  Analisis data dengan menggunakan statistik persamaan dua rata-rata (uji t).

Berdasarkan hasil perhitungan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh thitung = 2,24 dan ttabel = 2,02. Dengan demikian H0 dan Ha diterima. Hal ini menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran learning cell dan metode pembelajaran langsung pada konsep bunyi, dengan besar peningkatan 17,21%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-01
How to Cite
Muksin, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Learning Cell Dan Metode Pembelajaran Langsung Pada Konsep Bunyi Di MTs Babingkas Toniku. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 2(1), 75-83. https://doi.org/10.5281/zenodo.4863142