Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) Di SMP Negeri 52 Satap Halmahera Selatan

  • Nurlaila H Tasanif STKIP Kie Raha
Keywords: Pemecahan masalah, Numbered Head Together, NHT, Think Pair Share, TPS

Abstract

Masalah yang sering dialami dalam proses pembelajaran matematika adalah rendahnya pemecahan masalah matematika. Hal itu disebabkan karena kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika karena dianggap sulit dan membosankan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah tidak digunakannya strategi pembelajaran yang menarik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar melalui pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) di SMP N 52 Satap Halmaher Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMP N 52 Satap Halmaher Selatan. Sedangkan yang menjadi Sampel dalam penenlitian ini adalah kelas X1 sebanyak 20 siswa tipe Numbered Head Together dan kelas X2 sebanyak 20 siswa tipe Think Pair Share. Dalam Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia Poppy 2017: Perbedaan Hasil Belajar Statistika Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Tipe TPS.

Arikunto Suharsimi, 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta.

Eka Agustini Dewa Ayu, 2017. Pengantar Micro Teaching, Jakarta: PT. Rajagrafindo Prasada.

Enzim, 2017. Metodologi Pennelitian Pendidikan Kualitatif Dan Kuantitatif, Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Hayati Sri, 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning, Magelang: Graha Cendekia.

Husriani Husain, 2022. Model Kooparatif Tipe NHT Dalam Pembelajaran Matematika, Sulawesi: CV Ruang Tentor.

Prinsyah Donni Juni, 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran, Bandung: CV Pustaka Setia.

Habsyi, R., Saleh, R. R., & Nur, I. M. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis guided dicovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 1-18.

Salim, 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Citapustaka Media.

Samura, A. O., & Habsyi, R. (2023). Application of the Blended Learning Model to Improve the Mathematical Creative Thinking Skills of GeoGebra-Assisted Junior High School Students in Mathematics Lessons. Application of the Blended Learning Model to Improve the Mathematical Creative Thinking Skills of GeoGebra-Assisted Junior High School Students in Mathematics Lessons, 4(2), 149-159.

Wati Neli, 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Kajian Teori dan Praktek), Medan: Widya Puspita.

Published
2024-12-24
How to Cite
Tasanif, N. (2024). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) Di SMP Negeri 52 Satap Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 5(2), 172-181. https://doi.org/10.63976/jimat.v5i2.732