Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas VII SMP Islam 2 Kota Ternate
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Matematika pada materi pecahan Siswa SMP Islam 2 Kota Ternate Kelas VII, merupakan jdul dari penelitian ini. Masalah poko dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi pecahan di SMP Islam 2 Kota Ternate pada siswa kelas VII. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Islam 2 Kota Ternate dengan jumlah 18 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu menggunakan tes yang terdiri dari tes awal, tes siklus I dan tes siklus I, dan barengi dengan observasi yang di lakukan kepada guru dan kepada siswa. Setalah melaksanakan penelitian peneliti melakukan analisis data, dari hasil analisis data tersebut diperoleh bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Islam 2 Koat Ternate Kelas VII. Dengan data pencapaian sebagai berikut, pada siklus I prosentase keaktifan belajar sebesar 68,3% dan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 50%, dan sikluus II mmengalami peningkatan keaktifan sebesar 90% dengan ketuntasan klasikal sebesar 88%.Melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VII pada materi operasi perkalian pecahan semester ganjil tahun pelajaran 2021. Pada siklus I ini nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih 55,5 dengan ketuntasan kalsikal 50%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 82,7 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88%.
Downloads
References
Anisa Alvia. 2018 Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V Min 21 Aceh Besar.
Asyudin Hasan 2014 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Paire Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Matrix Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Kota Ternate
Choirul Fadhi Pradian Putri 2011. Peningkatan Kemampuan Menghitung Pecahan Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Ngadirojo Wonogiri Tahun Ajaran 2010/2011
Dini Siswani Mulia dan Suwarno. 2016 PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Jurnal Ilmiah Ke Pendidikan Vol.IX, No.2 (Maret 2016).
Eva Asi Godang Samosir dkk. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas III SD Negeri 066045 Medan Helvetia T.A 2018/2019. Vol. 1, No. 2, February - August 2019. ISSN 2622-8823.
Habsyi, R., & Bahalle, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Means End’s Analisys (MEA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII. JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika, 2(1), 41-49.
Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2020). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).
Karimah, U. (2018). Pondok pesantren dan Pendidikan: relevansinya dalam tujuan Pendidikan. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 137.
Nurhidaya dkk,2014. Penerapan Problem Based Learning Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas VII SMP
Miftakhul jannah. 2016. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas V MI Al Khoiriyyah 2 Semarang Tahun 20015/2016.
Muhamad Hamka dkk.2018. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA Kelas XI Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Lingkaran.Jurnal pembelajaran matematika inovatif, ISSN 2614-221X (print).vol 1, nomor 4, juli 2018. ISSN 2614-718 (online).
Masyhuri dkk. 2017. Model Problem Based Learning (Pbl) Disertai Tugas Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA (Pokok Bahasan Listrik Dinamis). Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6 No. 4, Desember 2017, hal 418-426.
Sujana dalam Nurhayati 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Mengunakan Metode Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Baina. Jurnal Kreatif Tadulako Online vol.4 No.10 ISSN 2354-614X
Sudjana Nana 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tri Wulan 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Nanggulan
Ula Himatul Aliyah. 2013. Keefektifan Model Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Lingkaran.
Yenis Darlia. 2018 Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Materi Pecahan Kelas VII SMP
Wijaya, C. B., & Agoestanto, A. (2018). A. Konteks Penelitian. Mathematics Education, 4(2), 115.