Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Penjumlahan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 40 Kota Ternate

  • Yetni Marlina STKIP Kie Raha

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk   mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) pada pokok bahasan  pecahan  pada siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak III siklus.Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate yang berjumlah 22 orang.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan tes. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterprestasikan,kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya.Sementara itu hasil tes dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas yang ditentukan, yaitu minimal 80% siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan memperoleh nilai 65 atau lebih sebagai batas kriteria ketuntasan minimal. Hasil penelitian menunjukkan setelah diterapkan pendekatan matematik reaalistik Siswa yang memperoleh nilai lebih besar sama dengan 6,5 secara klasikal sebanyak 10 orang siswa atau sekitar 45,45% dengan nilai rata-rata 59,54 meningkat dari hasil yang diperoleh pada tes awal, kemudian pada siklus ke dua meningkat  sebanyak 15 orang atau 68,18%, sedangkan pada siklus ke tiga menjadi 86,36% atau 19 orang siswa. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran matematik realistik pada pokok bahasan penjumlahan pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Sri W. (2007. Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta:Universitas Terbuka.
Arikunto. (2006). Metode Dokumentasi, Jakarta:Bina Aksara.
Dimyati dan Mujiono. (2000). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Elizar.(1996). Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Fauzan, Ahmad 2002. Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teacing Geometry In Indonesia Prmary School.
Fauzi, Amin. 2002. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Pembagian di kelas V SD. Surabaya Makalah Komprehensif PPs UNESA
Hamalik, Oemar. (1990). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Kunandar (2008).Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mujiono.(2002).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution, S. (1996). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Nawawi.(1981). Hasil Belajar Siswa. Bandung: Pustaka Martina.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Sukardi.(1983). Pedoman Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta.
Tarigan, Daitin. (2006). Pembelajaran matematik reaslistik. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Wardani I.H.A.K.(2007). Penelitian Tindakna Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiraatmaja, Rochiati (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Published
2021-11-30
How to Cite
Marlina, Y. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Penjumlahan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 40 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 2(2), 80-99. https://doi.org/10.5281/zenodo.5739288