MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANTAI MAKANANMELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SD INPRES WOOI KECAMATAN OBI TIMUR KABUPATEN HALMAHERA SELATAN

  • Sufri Saleh STKIP Kie Raha
  • Yetni Marlina STKIP Kie Raha
  • Mammy Boriri STKIP Kie Raha
Keywords: Role Playing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini juga dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Inpres Wooi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dan pengukuran tes dan dokumentasi dalam pendekatan PTK. Dalam mengenalisis data penelitian, peneliti menggunakan Paparan data, pengelolaan data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, bahwa nilai yang diperoleh siswa pada siklus I adalah bahwa dari 23 siswa yang mencapai nilai gagal sebanyak 4 siswa.Dan siswa yang memiliki nilai standar (kurang) sebanyak 19 siswa. Hal ini berarti kemampuan yang dimiliki siswa secara umum mencapai nilai standar minimum ke bawah dengan pencapaian nilai ketuntasan belajar siswa di kelas adalah 68,70%.Sedangkansiklus II, bahwa dari 23 siswa yang mencapai nilai yang baik sebanyak 13 siswa.Dan siswa yang memiliki nilai cukup sebanyak 7 siswa. Hal ini berarti kemampuan yang dimiliki siswa secara umum mencapai nilai standar yang baik dengan pencapaian nilai  ketuntasan  belajar  siswa  di  kelas  adalah  87,83%. Berdasarkan  temuan  peneliti  dari  hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan, ternyata pembelajaran IPA pada materi rantai makanan dengan menggunakan metode role playing perlu dapat perhatian dan dikembangkan, karena barpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan  temuan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  (1)  Melalui  penggunaan metode role playing dalam pembelajaran IPA khususnya materi rantai makanan siswa kelas IV SD Inpres Wooi dapat mampu menumbuhkan aktivitas dan minat siswa dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat pada hasil partisipasi aktivitas siswa selama pembelajaran yang menunjukan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. (2) Pembelajaran IPA khususnya materi materi rantai makanan siswa kelas IV SD Inpres Wooi dengan menggunakan metode role playing dapat menunjukan hasil yang baik, hal ini terlihat dari nilai rata-rata perolehan tiap siklus. Dimana pada pra siklus nilai rata-ratanya 54,91 dalam kategori gagal yang meski demikian ketika siklus I juga dalam kategori tuntas tetapi beberapa siswa belum memiliki peningkatan prestasi belajar dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dengan persentase sebesar 68,70. Namun, ketika pada siklus II prestasi belajar dalam mengikuti pembelajaran beruba pada sisi yang signifikan yaitu sebesar 87,83.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sufri Saleh, STKIP Kie Raha

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Anas Sudijono, 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Djohar, 1990. PendidikanSains. Yogyakarta: FMIPA UNY

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hassanuddin W.S. 2009. Drama: Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa

Mahardhika, Z. 2008. Bermain Peran Ciptakan Karya. Diakses pada 31 Januari 2016 http://www.infokomunitas.com/ind.

Yuniarti,  F.  2007.  Pengaruh  Metode  Pengajaran  Alam  Sekitar  terhadap  Peningkatan Prestasi Belajar Sains Siswa Kelas V SLB.D YPAC

Sudjana,   Nana.   2005.Penilaian   Hasil  Proses  Belajar  Mengajar.   Bandung:   Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. 20011. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Siti  Mahmudah,  2008,  Perubahan  Perilaku  Kebersihan  Diri  Paska  Pelatihan  Motorik Halus   di   SLB/C   Dharma   Wanita   Lebohttp://www.infokomunitas.com/inde.

Herman  J.  Waluyo.  2006.  Pengkajian  dan  Apresiasi  Bermain.  Surakarta:  Universitas Sebelas Maret

Paul   Suparno.   (2007).   Kajian   dan   Pengantar   Kurikulum   IPA   SMP   &   MTS.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Published
2020-06-04
How to Cite
Saleh, S., Marlina, Y., & Boriri, M. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANTAI MAKANANMELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SD INPRES WOOI KECAMATAN OBI TIMUR KABUPATEN HALMAHERA SELATAN. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 80-88. Retrieved from https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/417