Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Sifat Operasi Hitung Bilangan
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bertujuan untuk menelusuri proses pemecahan masalah matematika siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 1 siswa. Subjek penelitian tidak dipilih secara acak, tetapi dipilih berdasar pertimbangan potensi siswa dalam menyelesaikan masalah matematis, dan pertimbangan guru mata pelajaran matematika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri yang dipandu dengan lembar tugas dan instrumen bantu berupa pedoman wawancara. Pengumpulan data dimulai dengan pemberian tes pemecahan masalah, observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa mampu memecahkan masalah pada materi operasi hitung pada bilangan dengan menggunakan tahap pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya.
Downloads
References
Creswell, J. W (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Erbas & Okur (2010). Researching students’ strategies, episodes, and metacognitions in mathematical problem solving. Springer Qual Quant (2012). (46): 89–102.
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Krulik, S. & Rudnick, J. A. 1995. The New Sourcebook for Teaching Reasoning & Problem Solving in Elementary School. Temple University : Boston.
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM
Nur, I. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Guided Teaching Berbasis Soft Skills. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 4(1): 30-38.
Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematis serta Pembelajarannya. Bandung: UPI.
Taplin, M (2001). ‘Mathematics Through Problem Solving’, available
Thompson, L (1989). ‘Problem Solving’, in B. Doig (ed.), Everyone Counts, The Mathematical Association of Victoria for Twenty-sixth Annual Conference, December 7th & 8th, 1989, pp. 275– 84.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.
Yee, F. P. (2005). “Developing Creativity in the Singapore Primary Mathematics Classroom” Factor that Suppor and Inhibit; International Reading Association, 6(4): pp 14-20