Asesmen Dampak Penggunaan STEAM Berbasis Kabaroko dalam Membentuk Literasi Budaya dan Literasi Sains Siswa

  • Ode Zulaeha Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Sains dan Kependidikan Kie raha Maluku Utara
Keywords: STEAM, Kabaroko, literasi budaya, literasi sains, sekolah dasar

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut pendekatan pembelajaran yang mampu mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan kontekstual budaya. Salah satu pendekatan inovatif yang berkembang adalah model STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak penggunaan model STEAM berbasis pakaian adat Buton Kabaroko dalam membentuk literasi budaya dan literasi sains siswa sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 1 Kota Ternate dengan subjek sebanyak 100 siswa kelas V.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental melalui pendekatan pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi sains, angket literasi budaya, dan rubrik asesmen proyek STEAM. Prosedur pengumpulan data meliputi pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek STEAM dalam 6 pertemuan, diikuti pengukuran hasil pretest dan posttest, serta observasi partisipatif dan dokumentasi karya siswa. Data dianalisis menggunakan uji statistik paired sample t-test dan independent sample t-test untuk mengetahui signifikansi perubahan dan perbedaan antar kelompok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada literasi budaya dan literasi sains siswa setelah mengikuti pembelajaran STEAM berbasis Kabaroko (p < 0.05). Temuan ini memperkuat efektivitas integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran STEAM untuk membentuk kompetensi literasi yang bermakna dan kontekstual. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan kurikulum lokal yang adaptif dan berbasis budaya dalam pembelajaran sains di sekolah dasar. Direkomendasikan agar sekolah mengembangkan model pembelajaran berbasis STEAM dengan memasukkan unsur budaya lokal sebagai bagian dari penguatan profil pelajar Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cope, B., & Kalantzis, M. (2015). A pedagogy of multiliteracies: Learning by design. Palgrave Macmillan.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to design and evaluate research in education (10th ed.). McGraw-Hill.

Gravetter, F. J., & Wallnau, L. B. (2020). Statistics for the behavioral sciences (11th ed.). Cengage Learning.

Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice (3rd ed.). Teachers College Press.

Herro, D., & Quigley, C. (2019). Innovating with STEAM in middle school classrooms: A case study. Journal of Science Education and Technology, 28(6), 578–590. https://doi.org/10.1007/s10956-019-09789-5

Kemendikbudristek. (2022). Panduan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lin, T.-J., Tsai, C.-C., & Chai, C.-S. (2020). Integrating cultural heritage into STEAM education: A case study of elementary school students in Taiwan. Asia-Pacific Education Researcher, 29(5), 471–481. https://doi.org/10.1007/s40299-020-00500-6

Mertler, C. A., & Charles, C. M. (2019). Introduction to educational research (8th ed.). Pearson.

OECD. (2019). PISA 2018 assessment and analytical framework: Science, reading, mathematics and financial literacy. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Quigley, C. F., Herro, D., & Jamil, F. M. (2021). Dispositions and development of educators integrating STEAM in their teaching practices. Journal of Science Teacher Education, 32(1), 1–23. https://doi.org/10.1080/1046560X.2020.1776564

Ramadhani, S., Widodo, A., & Fauziah, R. (2021). Development of STEAM-based mathematics learning module using local games. International Journal of Instruction, 14(2), 243–262. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14214a

Sari, I. P., Supriyadi, T., & Prasetyo, Z. K. (2022). Analisis implementasi pembelajaran STEAM di sekolah dasar: Tinjauan awal pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 55–67. https://doi.org/10.21009/JPD.131.06

World Economic Forum. (2020). Schools of the future: Defining new models of education for the fourth industrial revolution. Geneva: WEF. https://www.weforum.org/reports/schools-of-the-future

Published
2025-06-30
How to Cite
Zulaeha, O. (2025). Asesmen Dampak Penggunaan STEAM Berbasis Kabaroko dalam Membentuk Literasi Budaya dan Literasi Sains Siswa. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 6(1), 126-133. https://doi.org/10.63976/kuantum.v6i1.933