Pengembangan Bahan Ajar Elektronika Dasar Berbasis Proyek Mahasiswa Pendidikan Fisika Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara

  • Siti Nahriya Hasan Program Studi Pendidikan Fisi, Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Pengembangan bahan Ajar, Elektronika Dasar, Berbasis Proyek

Abstract

Elektronika dasar merupakan salah satu mata kuliah Program Studi bidang keahlian yang harus diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Fisika ISDIK Kie Raha. Pentingnya ketersediaan bahan ajar elektronika dasar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, tidak hanya menjelaskan tentang konsep matematis saja tetapi menghasilkan sebuah proyek sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan ketrampilan serta mendorong mahasiswa untuk dapat belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar elektronika dasar berbasis proyek yang layak digunakan. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model 4D yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Uji coba bahan ajar dilaksanakan pada mahasiswa pendidikan fisika Isdik Kie Raha semester genap tahun akademik 2024/2025. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon mahasiswa pendidikan fisika. Analysis data menggunakan skala Likert dengan rentang skor penilaian 1 sampai 4. Hasil penelitian menunjukkan hasil penilaian ahli materi dengan persentase sebesar 78,75% (layak), penilaian ahli media dengan persentase sebesar 81,25% (layak),. Pada uji coba mahasiswa diperoleh respons yang baik dan positif, dengan memperoleh rata-rata persentase sebesar 79,02 % dengan kriteria baik dan layak. Dari data hasil penilaian ahli tersebut maka bahan ajar elektronika dasar yang telah dikembangkan sudah tergolong valid dan reliable sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar elektronika dasar di program studi pendidikan fisika Isdik Kie Raha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggereni, S., Rasyid, Muh. R., & Hasanah, I. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Islam-Sains Untuk Peserta Didik. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24252 /asma.v1i1.11253
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. Https://Doi.Org/10.24176/Kredo.V1i2.2107
Dianasari, T. & Isnur, S. (2015). Pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas xi tiptl SMK negeri 7 surabaya. Jurnal pendidikan teknik elektro. 4(2): 621-627.
Hasanah, I., Sarwanto, S., &Masykuri, M. (2018).Pengembangan modul suhu dankalor berbasis project basedlearning untuk meningkatkanketerampilan proses sains dankemampuan berpikir kritis siswaSMA/MA. JP (Jurnal Pendidikan):Teori dan Praktik, 3(1), 38-)
Irma Sakti. 2020."Pengembangan Modul Elektronika Dasar Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros.Karst:Jurnal Pendidikan dan terapannya. Vol 3 no 1(13)
Mulyani, A., Budihartanti, C., & Mandiri, K. N. (2014). Perhitungan Komponen Elektronika Dasar Perkembangan Teknologi Yang Semakin Pesat Dan Meningkat Dengan Mudahnya Mengakses Semua Informasi Dan Berbagai Macam Media Elektronik Digital Dan Salah Satunya Yang Sering Digunakan Adalah Mobile Berbasis Smart Phone. Techno Nusa Mandiri, Xi(2), 149–157
Novianto, N. K., Masykuri, M., &Sukarmin, S. (2018).Pengembangan modulpembelajaran fisika berbasisproyek (project based learning)pada materi fluida statis untukmeningkatkan kreativitas belajarsiswa kelas X SMA/MA. Inkuiri:Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81-92.
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain,H. (2019). Pengaruh penggunaan Model Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasimahasiswa pendidikan IPA.BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan,
Sani, M. & Joko. (2015). Pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah pemeliharaan dan perbaikan mesin listrik di jurusan teknik elektro universitas negeri surabaya. Jurnal pendidikan teknik elektro. 4(1): 259-267.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wicaksono, M. (2014). Pengembangan modul ipa berbasis proyek untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa SMP. Tesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). Ibm Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal Nurul Zuriah 1 , Hari Sunaryo 2 , Nurbani Yusuf 3. Dedikasi, 13, 40. 1693-3214
Published
2025-06-27
How to Cite
Hasan, S. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Elektronika Dasar Berbasis Proyek Mahasiswa Pendidikan Fisika Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 6(1), 110-118. https://doi.org/10.63976/kuantum.v6i1.912