Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 04 Bengkayang

  • Hendrikus Saputra Nyangko Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana Bengkayang
  • Silvester , Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Institut Shanti Bhuana Bengkayang
Keywords: Hasil Belajar, Picture And Picture, Pembelajaran Kooperatif, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada materi "Jenis-jenis Akar dan Kegunaannya" di kelas V SDN 04 Bengkayang. Penilaian hasil belajar dilakukan dengan menggunakan post-test yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda pada akhir setiap siklus. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa tercatat sebesar 62,17 dengan tingkat ketuntasan mencapai 45%. Refleksi terhadap siklus I menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran belum optimal, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II dengan fokus pada strategi kontekstual dan peningkatan keterlibatan siswa. Hasil dari siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata nilai mencapai 89,17 dan tingkat ketuntasan 100%. Observasi juga mencatat adanya peningkatan aktivitas siswa dalam diskusi serta pemahaman materi. Dengan demikian, model Picture and Picture terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexander Bryan, A. D. (2023). Pelatihan digitalisasi Quizizz menggunakan Quizizz untuk pengajar SMP Bosco. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 208–213.

Baginda, S. (2022). Kompetensi guru dalam pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan Tembusai, 6(3), 13953–13950.

Huda, M. (2020). Konsep dan kedudukan hak kekayaan intelektual dalam hukum Islam. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(1), 35–38.

Kartiwi, Y. M. (2022). Pemanfaatan media Canva dan aplikasi Quizizz pada pembelajaran teks fabel peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 61–70.

Nurfadilah, D. P. (2021). Pembelajaran daring melalui game edukasi Quizizz terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 108–115.

Permana, B. A. (2021). Pelatihan pemanfaatan teknologi sebagai media pendukung pembelajaran untuk guru di Kecamatan Sembalun. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 230–238.

Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi Generasi Z. Journal of Christian Educational, 2(1), 1–19.

Putra, I. M. (2022). Kajian literatur sistematis: Integrasi inkuiri berbasis socioscientific pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 919–928.

Rahmi, R. (2020). Inovasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 30, 111–123.

Salsabila, U. H. (2020). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran di tengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan, 4(2), 163–173.

Sumiati, M. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran KARTIKRU untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4692–4698.

Raharjo, B. (2019). Penerapan model Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 55–62.

Wulandari, F., & Lestari, P. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(5), 2987–2993.

Fitriani, S. (2020). Penggunaan model Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar IPAS. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 33–41.

Rahayu, A. D., & Suryana, A. (2021). Implementasi model Picture and Picture dalam pembelajaran tematik di SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 7(3), 175–182.

Ningsih, D. A., & Sari, Y. P. (2020). Efektivitas model Picture and Picture terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 5(2), 145–151.

Supriyono, R. A. (2019). Penggunaan media gambar pada model Picture and Picture dalam pembelajaran IPS. Jurnal Edukasi, 16(2), 207–215.

Astuti, D. (2020). Pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 43–52.

Mustika, R., & Rofiq, A. (2019). Penggunaan model Picture and Picture berbantuan media visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 201–208.

Putri, F. R., & Marlina, L. (2021). Pengaruh model Picture and Picture terhadap kemampuan menyusun teks deskripsi. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2345–2351.

Safitri, N., & Wulandari, R. (2021). Pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 45–52.

Pratiwi, Y., & Kurniasari, N. (2022). Efektivitas penggunaan media gambar dalam model Picture and Picture terhadap kemampuan kognitif siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(3), 78–84.

Published
2025-06-15
How to Cite
Nyangko, H., & , S. (2025). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 04 Bengkayang. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 6(1), 66-78. https://doi.org/10.63976/kuantum.v6i1.859