Optimalisasi Peran AI dan Learning of Thinking (LOT) dalam pembelajaran fisika untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

  • Asyhari Usman Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara
  • Faradina Faradina Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Inovasi Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Maluku Utara
Keywords: Artificial Intelligence, Learning of Thinking, Kemandirian Belajar, Pembelajaran fisika

Abstract

LOT digunakan sebagai tahapan awal pembelajaran guna membangun fondasi pemahaman konseptual, sementara AI dimanfaatkan sebagai fasilitator pembelajaran personal yang adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengujii pengaruh Artificial Intelligence (AI) dan Lower Order Thinking (LOT) terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan menggunakan AI dan LOT, kemudian kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Subjek penelitian adalah 60 siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Ternate, yang dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket kemandirian belajar dan panduan observasi aktivitas siswa. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji-t dua sampel independen untuk melihat perbedaan kemandirian belajar antara dua kelompok. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor kemandirian belajar siswa kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol.nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen mencapai 88,73, sedangkan kelompok kontrol mencapai 78,90. Uji independen menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (p < 0,05). AI berperan dalam menyediakan umpan balik otomatis dan jalur belajar yang dipersonalisasi, sedangkan LOT berkontribusi dalam membangun keterampilan dasar yang diperlukan sebelum siswa dapat beralih ke aktivitas berpikir tingkat tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa kolaborasi AI dan LOT dapat menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya efektif dalam penyampaian materi, tetapi juga memberdayakan siswa untuk belajar secara mandiri. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi teknologi yang selaras dengan pendekatan pedagogis berbasis kognitif dalam mendesain pembelajaran fisika yang adaptif dan memberdayakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akgun, S., & Greenhow, C. (2021). Artificial intelligence in education: Addressing issues of equity, teacher agency, and student learning. British Journal of Educational Technology, 52(4), 1605–1618.

Armala, I., Fauziati, E., & Asib, A. (2022). Exploring Students’ LOTS and HOTS in Answering Reading Questions. , Journal of Educational Technology, 6(3) 390-397.

Brookhart, S. M. (2020). How to Design Questions and Tasks to Assess Student Thinking. ASCD.

Diantama. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8-14.

Hwang, G. J., Chen, C. H., & Wang, S. Y. (2023). Artificial intelligence in STEM education: A review of recent research and future directions. Computers & Education: Artificial Intelligence, 4, 100118.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Merdeka Belajar: Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Kemendikbudristek.

Li, X., Wang, Y., Zhang, L., & Chen, Q. (2024). Personalized learning support through an AI-powered intelligent tutoring system in high school physics. Smart Learning Environments, 11(1), 1-15

Mazaimi, Z., & Sary, I. (2023). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Tradisional dan Pembeleajaran Berbasis Video di Sekolah Menegah Atas

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI JEMBATAN REFORMASI PEMBELAJARAN DI INDONESIA LEBIH MAJU. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1). https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390

Mufidah, E. S., Rahmawati, R, & Kurniawan E. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains. Saintifik. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i2.465

Mohammed, S., & Kinyo, L. (2020). Constructivist theory as a foundation for the utilization of digital technology in the lifelong learning process. The Turkish Online Journal of Distance Education, 21 (4)1302-6488.

Ningsih, T., Lestari, H., & Dewi, A. (2020). Pengembangan perangkat ajar LOT-HOTS untuk meningkatkan kemandirian belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 16(1), 29–36.

Oss, S. (2023). Artificial intelligence at school: please handle with care. Physics Education. https://doi.org/10.1088/1361-6552/acd7c0

Rahayu, D. S., Nurhasanah, S., & Fitriana, R. (2021). LOT dalam pembelajaran berbasis blended learning: Sebuah pendekatan diferensial. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(3), 211–219.

Rahmawati, D., & Prasetyo, Z. K. (2022). Integrating Smart Devices to Enhance Lower Order Thinking Skills in Primary Education. International Journal of Instructional Technology and Educational Studies, 8(2), 112–120.

Sari, N. P., & Widodo, A. (2023). The Role of Digital Learning Tools in Developing Students’ Basic Thinking Skills. Journal of Educational Technology, 17(1), 23–34.

Suastra, I. W., Sariani, N. L., & Redhana, I. W. (2021). Pengaruh model pembelajaran berbasis pertanyaan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 177–185.

UNESCO. (2021). AI and education: Guidance for policymakers. UNESCO Publishing.

Waluyo, U., Soepriyanti, H., Fitriana, E., Munanadar, A, A, O, L. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Sistem Pendukung (Supporting System) Kegiatan Intrakurikuler di SMAN 1 Montong Gading – Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.10053

Wang, T., Lund, B. D., Marengo, A., Pagano, A., Teel, Z. (Abbie), & Pange, J. (2023). Exploring the Potential Impact of Artificial Intelligence (AI) on International Students in Higher Education: Generative AI, Chatbots, Analytics, and International Student Success. Applied Sciences. https://doi.org/10.3390/app13116716

Wibowo, S., & Herminarto, A. (2020). Relevansi teori Vygotsky dalam implementasi pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran, 5(1), 12–20.

Yuliana, R., & Prasetyo, Z. K. (2022). Analisis Pembelajaran Fisika Berbasis Kompetensi di SMA: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 115–124.

Zhang, J., Lee, M., & Park, Y. (2024). Conceptual understanding in physics through AI-powered simulations. International Journal of Science Education, 46(1), 88–104.

Zhang, Y., Liu, F., & Wang, J. (2022). The effects of an AI chatbot on students' learning achievement and anxiety in physics education. Educational Technology & Society, 25(3), 1-12.

Zimmerman, B. J. (2020). Self-regulated learning: An overview. In D. H. Schunk & J. A. Greene (Eds.), Handbook of self-regulation of learning and performance (pp. 3-16). Routledge

Published
2025-06-06
How to Cite
Usman, A., & Faradina, F. (2025). Optimalisasi Peran AI dan Learning of Thinking (LOT) dalam pembelajaran fisika untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 6(1), 54-65. https://doi.org/10.63976/kuantum.v6i1.829