Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Maket Pada Siswa Kelas V Di SD Inpres Bepsili Halmahera Timur

  • Munir Latukau
Keywords: Media Maket, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Istilah dalam bahasa Inggris adalah Classroom Action Research (CAR), yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas. Salah satu karakteristik PTK adalah penelitian yang dilakukan di dalam kelas, sehingga fokus penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran berupa perilaku guru dan siswa dalam melakukan interaksi. Karena siswa terlibat dalam situasi penelitian, maka karakteristik siswa perlu dipahami agar PTK berjalan lancar sesuai tujuan. PTK ini dilaksanakan di kelas IV Inpres Bepsili Halmahera Timur. Peningkatan pemahaman siswa (ketuntasan belajar) naik sebesar 28,57%, kenaikan motivasi belajar sebesar 20,00% dan kenaikan rerata 7,44. Ternyata dengan menggunakan media maket, dinamika kerja kelompok lebih baik dan semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, dan semua siswa memperoleh pengalaman nyata dari pembelajarannya. Seperti dikatakan Dale bahwa pengalaman belajar yang paling tinggi nilainya adalah pengalaman belajar melalui pengalaman langsung dan melakukan sendiri. Masih terdapat kesenjangan antara pelaksanaan pembelajaran IPA pada mayoritas SD dengan tuntutan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum dan karakteristik pendidikan IPA. Di lapangan hingga saat ini pembelajaran IPA miskin media dan alat peraga serta ditampilkan dalam bentuk transfer informasi dari guru atau buku ke dalam otak siswa dengan mereduksi hakikat pendidikan IPA. Dari hasil refleksi tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa tindakan perbaikan yang dilakukan telah berhasil. Meski masih ada hal-hal yang harus diperbaiki. Berarti upaya perbaikan pembelajaran berakhir di siklus ketiga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru, 2021.

Arikunto, s, Prosedur Penelitian, Cet. IX, Jakarta: Rineka Cipta, 2023.

Coni, S. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT. Gramedia, 2019.

Dahar R.W, Beberapa Pendekatan Dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan alam, Bandung, IKIP Bandung, 2018.

Departemen Agama RI, Kurikulum Madrasah Tsanawuyah, Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2021.

Djohar, Pedoman Pelaksanaan Pendekatan Keterampilan Proses, BP3-PPSP Daerag istimewa Yogyakarta, 2018.

Galib L, Pengaruh Pengajaran Dengan OHP yang Dilengkapai Hand Out Terhadap Pemahaman Siswa dalam Mata pelajaran Fisika pada SMA Negeri 3 U.Pandang, Tesis, IKIP UP, 2021.

Prawoto, Media Instruksional Untuk IPA, Jakarta : P2LPTK, 2022.

Rassake, Pirade. J.S, Metode Keterampilan dan Alat bantu mengajar IPA. FKIE –IKIP Ujungpandang, 2023.

Roestiyah, N.K, Didaktik Metodik, Cet. III, Jakarta: Bina Aksara, 2022.

Sadiman, S, Media Pendidikan , Cet. II, Jakarta: CV Rajawali, 2023.

Subiyanto, Statistik Belajar Mengajar IPA, Cet. II, Malang : IKIP Malang, 2017.

Sudjana, Metode Statistika, Edisi IV, bandung ITB, 2016

Sujarwo. S. Beberapa Aspek pengembangan sumber belajar, Cet. I, Jakarta; PT mediatama sarana perkasa, 2021.

Usman, M. Yuser, Upaya Optimalisasi belajar Mengajar, Cet. I, Bandung : Roesdakarnya Offset, 2017.

Walgito Bomo, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Fak.Psikologi UI, Jakarta, 2016.

Published
2024-12-17
How to Cite
Latukau, M. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Maket Pada Siswa Kelas V Di SD Inpres Bepsili Halmahera Timur. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 5(2), 97-105. https://doi.org/10.5281/zenodo.14676406