Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dalam Pembelajaran IPA SMP Negeri 5 Halmahera Selatan

  • Faradina Faradina Universitas Nahdatul Ulama Maluku Utara
  • Asyhari A. Usman Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Tipe Two Stay Two Stray, Pemahaman Konsep

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray mempengaruhi pemahaman konsep Fisika dalam pembelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Halmahera semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 terdiri dari 61 peserta didik dalam tiga kelas. Sampel penelitian ini adalah 20 peserta dari kelas VIII B dan 20 peserta dari kelas VIII C yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Data penelitian ini didapatkan melalui penerapan tes pemahaman konsep fisika dalam pelajaran IPA. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasilnya menunjukkan bahwa pemahaman konsep Fisika dari peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih tinggi daripada peserta didik yang mendapat pembelajaran konvensional. Dari hasil dan pembahasan tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap pemahaman konsep Fisika dalam pelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afritesya dan Santoso. 2016. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode JIGSAW dan Team Assited Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Diakses Pada 06 Juli 2024

Bovee, C. L., & Thill, J. V. (2020). Business Communication Today (15 th ed). Pearson.

Hardiyanto Erwin. 2009. Kejenuhan Belajar Dan Cara Mengatasinya Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Huda, M. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Marzano, R. J. (2021). Classroom Instruction That Works: Research-Based Strategies for Increasing Student Achievement. 3rd ed. Alexandria, VA: ASCD.

McCoy, A. M., & Heller, M. M. (2020). Principles of Learning and Teaching. New York: Routledge.

Pierson, R. (2022). The Power of Relationships in Education. Thousand Oaks, CA: Corwin.

Skemp, S. K. (2022). The Psychology of Learning Mathematics.New York: Roudledge.

Slavin, Robert E. 2021. Cooperative Learning. London: Allymand Bacon.

Sudjana .2015. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Yelleson Syuryadi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Pada Materi Pokok Zat DAN Wujudnya. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/EDU/article/view/404. Diakses pada tanggal 07-03-2022.

Published
2024-06-20
How to Cite
Faradina, F., & Usman, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dalam Pembelajaran IPA SMP Negeri 5 Halmahera Selatan. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 5(1), 20-30. https://doi.org/10.5281/zenodo.12799092