Pengembangan Bahan Ajar Fisika menggunakan Software Modellus
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk menghasilkan produk bahan ajar fisika menggunakan software modellus yang dapat mempermudah dan memperbaiki proses pembelajaran dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar fisika menggunakan software modellus terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di- SMA Negeri 1 Ternate Kelas X. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang diadaptasikan dari Brog dan Gall. Model ini terbagi atas tujuh tahap yaitu perencanaan, studi eksplorasi, pengembangan bentuk awal, instrumen pengumpulan dan analisis data, validasi, revisi berdasarkan hasil validasi, dan desiminasi produk. Subjek uji coba pada penelitian dan pengembangan ini di review oleh ahli pembelajaran dan ahli media, uji kelompok kecil, uji coba lapangan atau kelompok besar, sampel diambil pada satu kelas dengan jumla peserta didik 26 orang, hasil pengujian hipotesis dibantu dengan aplikasi SPSS nilai thitung > ttabel atau 9,141 > -2,060 dan berdasarkan signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang di ajar menggunakan software modellus lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik menggunakan konvensional
Downloads
References
Adirachman, J. (2018). Pengembangan game edukasi tebak asmaul husna menggunakan algoritma horspool (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-114.
Hidayah, N. (2022). Pandangan terhadap problematika rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6593-6601.
Khoiri, H. N., & Nur, H. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Aplikasi Cisco Packet Tracer Mobile Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 3(01).
Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Nasution. 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Palilingan Rolles. 2014. Bentuk Langkah-Langkah Metode R&D. Program S2 Pendidikan IPA UNIMA Program Pasca Sarjana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang Indonesia
Pressman, Roger.S. 1997. Software Engineering :A Practioner’s Approach.”4th.McGrawHill (Jurnal Pendidikan)
Purwanto, M.Ngalim. 1995. Ilmu Pendidian Teoritis dan Praktis. Bandung: PT, Remaja Rosdakarya
Ridho, D. A. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Perbaikan Moral dan Etika Siswa. Journal on Education, 5(3), 9574-9585 a
Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). Pengembangan game math space adventure sebagai media pembelajaran pada materi pecahan di sekolah dasar. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41-54.
Sari, S. P. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19-24.
Sardiman A.M. 2009. Interaksi dan motivasi belajar. Jakarta: Radjagrafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. 2005. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sunardi Dan Zenab Siti. 2014. Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Penerbit : Yrama Widya
Supraktiknya, A. 2012. Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Notes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Suprijono, Agus. 2008. Belajar Mengajar teori dan Praktek. Surabaya :Unesa
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tasri, Lu’mu. 2011. Pengembangan bahan Ajar Berbasis Web. Malang: Jurnal Medtek, Universitas Negeri Malang
Tocharman, M. 2009. Seri Pembelajaran. Diklat/BIMTEK KTSP DIT. Pembinaan SMA: Depdiknas
Zulkarnain. 2009. Jurnal Teknik Penyusunan Bahan Ajar.
[online].Tersedia:
http://zulkarnainidiran.wordpress.com/2009/06/28/131/.[25juli2012]
Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya