Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII Madrasah Aliyah Mutmainnah Limbo Pada Konsep Bunyi
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif Contekstual Teaching and LearningdapatmeningkatkanhasilbelajarfisikasiswaKelas VII Madrasah Aliyah Mutmainnah Limbo.PemberianContekstual Teaching and Learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Aliyah Mutmainnah Limbo yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, evaluasi dan tes setiap akhir siklus pengajaran; menganalisis data melalui hasil analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata penerapan konsep fisika siswa adalah 19 dari 30 jumlah soal dengan jumlah siswa yang tergolong tinggi 25.80 %, sedangkan pada siklus II, skor rata-rata penerapan konsep fisika siswa adalah 21 dengan jumlah siswa yang tergolong tinggi 54.8 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penerapan konsep fisika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sulabesin Tengah dapat ditingkatkan melalui pemberian Contekstual Teaching and Learning
Downloads
References
DEPDIKBUD. 1993. Evaluasi dan Penelitian.Proyek Peningkatan Mutu Guru. Dirjen DIKJASMEN. Jakarta.
DEPDIKNAS. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Dirjen DIKDASMEN. Jakarta.
Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar Fisika PT. BINA AKSARA. Jakarta.
Soedjadi, R. 1999/2000.Kiat Pendidikan Fisika di Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional.Jakarta.
Sudjana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Jaya. Bandung
Kemmis dan Taggart, Dalam Rochiati W., 2007:66)Skema Penelitian Tindakan Kelas