Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Aliyah Mutmainnah Limbo Pada Konsep Gerak Lurus Berubah Beraturan

  • Junatri Harwi STKIP Kie Raha
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Aktivitas Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika peserta didik kelas VIII Madrasah Aliyah Mutmainnah Limbo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan kemudian dilanjutkan pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII Madrasah Aliyah Mutmainnah Limbo. Data diperoleh melalui observasi menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan dianalisis secara deskriptif kualitatif.

Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togetherdapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII Madrasah Aliyah Mutmainnah Limbo dalam proses pembelajaran fisika. Hal ini terlihat dari hasil prasiklus, siklus I, dan siklus II terjadi peningkatan aktivitas secara signifikan pada tiap indikator aktivitas belajar yang ditentukan. Sedangkan, presentase peserta didik yang mempunyai nilai aktivitas belajar lebih dari atau sama dengan 60 meningkat dari 64,4% pada siklus I menjadi 83,8% pada siklus II, sehingga memenuhi target yang diharapkan yaitu 75% peserta didik mempunyai nilai aktivitas belajar lebih dari atau sama dengan 60.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-16
How to Cite
Harwi, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Aliyah Mutmainnah Limbo Pada Konsep Gerak Lurus Berubah Beraturan. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 3(1), 81-104. https://doi.org/10.5281/zenodo.10812370