Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sanana Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Sub Pokok Usaha Dan Energi
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dikelas VIII SMP Negeri 1 Sanan melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Sub Pokok Usaha dan Energi pada mata pelajaran fisika yang berjumlah 20 peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa :Aktivditas Belajar siklus I kategori sangat baik 20% terdiri dari 4 pesertadidik, kategori baik40% terdiri dari 8 peserta didik, kategori cukup baik 35% terdiri dari 1 peserta didik, karegori kurang baik 5% terdiri dari 3 peserta didik, siklus II kategori sangat baik 85% terdiri dari 17 peserta didik, kategori baik 15% terdiri dari 3 peserta didik,cukup kategori cukup baik 0% dan kategori kurang baik 0%. Sedangkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sananayang dicapai setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yaitu : (1). Siklus I berada pada kategori Sangat baik 25% atau 5 peserta didik, kategor i baik 50% atau 10 peserta didik, kategori cukup baik 15% atau 3 pesertadidik dan kategori kurang baik 10% atau 2 peserta didik. Siklus II kategori sangat baik 90% atau 18 peserta didik, kategori baik 10% atau 2 peserta didik, kategori cukup baik 0% dan kurang baik 0%. ketelitian peserta didik dalam menjawab dan mengerjakan soal-soal mengalami peningkatan.Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan memahami peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sanana dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah mengalami peningkatan