Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa SMA Islam Ternate Pada Materi Usaha Dan Energi

  • Siti Nahriya Hasan
  • Endang Fitria STKIP Kie Raha
Keywords: Project Based Learning, Ketrerampilan proses, Materi Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada tidaknya peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA Islam Ternate dengan menggunakan model pembelajaran PjBL 2) mengetahui besar peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA Islam Ternate 4) mengetahui langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PjBL sehingga dapat meningkatkan hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing dalam 4 tahap, yaitu: tahap Perencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection).  Hasil penelitian adalah 1) penerapan model pembelajaran PjBL pada materi pokok usaha dan energi dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Islam Ternate) siklus I nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 81,49 dengan kategori baik dan siklus II nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 88,7 dengan kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains dari siklus I ke siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Gafur. 2001. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Abdul Majid & Chaerul Rochman. 2014. Pendekatan ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Abdul Majid. 2015. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Aiken, L.R. (1980). Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40, hlm. 955-959.
Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.
A Suhaenah Suparno. 2011. Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Cakici, Y. 2013 An Investigation of the Effect of Project-based Learning Approach on Children’s Achievement and Attitude in Science. The Online Journal of Science and Technology, 3 (1): 9-17.
Eeeva Reeder. 2007. The PBL Launch Pad: Worthwhile Projects for High School Students, Part 1. Diakses dari http://www.edutopia.org/designing- worthwhile-pbl-project-high-school-students-part-1. Pada tanggal 17 Januari 2017, jam 19.30 WIB.
Tamim & Michael M. G. Definitions and Uses: Case Study of Teachers Implementing Project-based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 7 (2): 72-101.
Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on Project-based Learning. Diakses dari http://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf. Pada tanggal 12 Desember 2016, Jam 19.00 WIB.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada
Winataputra, US. 1993. Materi Pokok Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Depdikbud.
Yamin dan Antasari. 2008.Teknik Mengembangkan Kemampuan Individu Siswa.
Jakarta: GP Press
Yudipurnawan. 2007. Pembelajaran Berbasis Proyek. Diakses dari http://yudipurnawan.wordpress.com/2007/11/17/pengenalan-pbl/. Pada tanggal 17 Januari 2017, jam 19.45.
Published
2022-06-10
How to Cite
Hasan, S., & Fitria, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa SMA Islam Ternate Pada Materi Usaha Dan Energi. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 3(1), 20-29. https://doi.org/10.5281/zenodo.6630205