Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik MAS Nurul Jihad Tului Melalui Media Online Berbasis Clasroom

  • Asyhari Usman
Keywords: Pembelajaran Berbasis Google Clasroom, Google Clasroom, Minat belajra

Abstract

Minat belajar merupakan faktor yang sangat penting dalam keberhasilan belajar peseta didik. Disamping itu minat belajar juga dapat mendukung dan mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah, Namun Sejak pandemi corona COVID-19 melanda dan nyaris melumpuhkan semua aktivitas masyarakat sehingga mendorong pemerintah untuk membatasi aktifitas masyarakat termasuk di dunia Pendidikan. Untuk itu pemerintah memberlakukan kegiatan pembelajaran berbasis online. Hal ini tentu pelaku Pendidikan (guru) harus cepat melakukan inofasi pembelajaran guna tetap menjaga dan selalu mendorong peserta didik dalam memahami pelajaran yang diberikan. Penggunaan media pembelajaran berbasis online diantaranya google classroom sebagai solusi untuk memediasi proses pembelajaran antara guru (pemberi informasi) dengan peserta didik (penerima informasi). Penggunaan google classroom merupakan salah 1 (satu) media online yang tidak terlalu rumit untuk digunakan dan juga tidak membutuhkan proses instalasi permanen dan rumit. Permasalahn dalam penelitian ini adalah (1)  Bagaimana proses pembelajaran yang menggunakan Google Classroom pada pembelajaran fisika peserta didik MAS  Nurul Jihad Tidore Kepulauan?, (2) Apakah penggunaan media pembelajaran online berbasis Google Classroom dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI MAS Nurul Jihat Tidore Kepulauan?. Untuk mewujudkan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengatahui gambaran kegiatan pemlajaran fisika  pada peserta kelas XI MAS Nurul Jihat Tidore Kepulauan melalui media online google classroom! (2) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik kelas kelas XI MAS Nurul Jihat Tidore Kepulauan melalui media online Google Classroom!.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tindakan kelas. Dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas XI MAS Nurulu Jihat Tidore Kepulauan. Dalam upaya menjawab permasalahan penelitian, maka instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan, angket dan lembar wawancara. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan tri angulasi. Berdasarkan analisis data hasil observasi, angket dan wawancara diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan google classroom sangat diminati peserta didik dan terjadi peningkatan minat belajar peserta didik yang sangat siginifikan pada siklus 1 sebesar 47% menjadi 69%. Pembelajaran menggunakan google classroom perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya ketersediaan jaringan internet dan penyiapan Fasilitas, baik oleh pemerintah melalui sekolah maupun oleh orang tua peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(Purwanto, 2008: 19-20). Pengertian pendidikan
(Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona virus Disease (Covid-19). Https://www.saqina.com/13/06/2019/apaitu-google-classroom/
(The Liang Gie 1994:28), (Djaali 2006:121), (Purwanto,2007:56), Hilgard dalam Slameto (2010:56), S.C. Utami Munandar (1985:11). minat.
(Purwanto, 2008:49). Hasil belajar.
Ahmadi, Ibu & Widodo, Supriyono. 2008. Spikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka
Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Gie. 1994;28. Metode dan Teknik Menyusun Tesis tenang minat. Bandung : Alfabeta
Taufani . 2008;38. Masalah Pengajaran tentag minat. Jakarta : PT Rineka Cipta
Ruseffendi. 1990. Pengajaran Matematika Modern dan Masa kini untuk guru dan PGSD D2, Bandung : Tarsito
Sadirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar – Mengajr, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Semiawan, Conny. 2002. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar, Jakarta : PT Indeks
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta : PT Rineka Cipta
Soryosubroto, B, Proses Belajar – Mengajar disekolah, Jakarta : PT Rineka Cipta
Suherman, Erman & dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Jakarta : UPI Press
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta : PT Bumi Aksara
Sukma Dinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Published
2022-06-07
How to Cite
Usman, A. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik MAS Nurul Jihad Tului Melalui Media Online Berbasis Clasroom. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 3(1), 1-19. https://doi.org/10.5281/zenodo.6618540