Peran Lingkungan Pembelajaran Fisika dalam Pembentukan Disiplin Ilmiah Siswa SMP
Abstract
Pembelajaran fisika tidak hanya bertujuan mengembangkan pemahaman konsep, tetapi juga membentuk karakter ilmiah siswa, khususnya disiplin ilmiah yang tercermin dalam ketelitian, kepatuhan terhadap prosedur, dan tanggung jawab dalam aktivitas pembelajaran. Lingkungan pembelajaran fisika yang terstruktur dan kondusif dipandang memiliki peran penting dalam mendukung pembentukan disiplin ilmiah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran lingkungan pembelajaran fisika dalam membentuk disiplin ilmiah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian terdiri atas 28 siswa SMP Negeri 3 Halmahera Selatan dan guru yang mengampu pembelajaran fisika. Instrumen penelitian meliputi pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan pembelajaran fisika yang menerapkan pembiasaan aktivitas ilmiah, prosedur pembelajaran yang konsisten, serta keteladanan guru berkontribusi dalam membentuk disiplin ilmiah siswa, meskipun tingkat internalisasi disiplin tersebut masih bervariasi antarindividu. Kelemahan penelitian ini terletak pada keterbatasan konteks penelitian yang hanya dilakukan pada satu sekolah serta belum melibatkan data kuantitatif untuk mengukur tingkat disiplin ilmiah secara lebih luas. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk mengkaji pembentukan disiplin ilmiah siswa melalui pendekatan mixed methods dan melibatkan konteks sekolah yang lebih beragam guna memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif.
Downloads
References
Astuti, A., & Wiyanto, W. (2023). Scientific attitudes and discipline development through inquiry-based physics learning. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 19(2), 123–132. https://doi.org/10.15294/jpfi.v19i2.38562
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Diani, R., Herlina, K., & Saregar, A. (2023). The role of learning environment in fostering students’ scientific attitudes in physics education. Journal of Physics: Conference Series, 2421(1), 012034. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2421/1/012034
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to design and evaluate research in education (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Fraser, B. J. (2021). Classroom learning environments in science education: Historical and contemporary perspectives. Learning Environments Research, 24(1), 1–18. https://doi.org/10.1007/s10984-020-09336-0
Hodson, D. (2020). Learning science, learning about science, doing science: Different goals demand different learning methods. International Journal of Science Education, 42(8), 1320–1344. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1749763
Kim, M. C., & Hannafin, M. J. (2022). Situated learning and inquiry-based practices in science education. Educational Technology Research and Development, 70(2), 731–749. https://doi.org/10.1007/s11423-021-10047-9
Lave, J., & Wenger, E. (1991). Situated learning: Legitimate peripheral participation. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511815355
Lederman, N. G. (2021). Nature of science and scientific inquiry in science education. Science & Education, 30(2), 335–360. https://doi.org/10.1007/s11191-021-00208-0
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
National Research Council. (2019). A framework for K–12 science education: Practices, crosscutting concepts, and core ideas. National Academies Press. https://doi.org/10.17226/13165
OECD. (2022). PISA 2025 science framework. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264364902-en
Putra, P. D. A., Irdianti, I., & Supriadi, B. (2021). Developing students’ scientific discipline through physics practicum activities. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 398–407. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.30861
Suryani, D., Wiyanto, W., & Nugroho, S. E. (2024). Teachers’ role in shaping students’ scientific discipline in physics classrooms. International Journal of Instruction, 17(1), 213–228. https://doi.org/10.29333/iji.2024.17112a
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). SAGE Publications.







