Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Kalor

  • Fahima Muhlis
Keywords: Pembelajaran Berbasis Komputer, Model Tutorial, Kalor, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis komputer model tutorial dan model pembelajaran konvensional.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif sedangkan desain penelitiannya adalahcontrol group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Kota Tidore Kepulauan yang berjumlah 60 siswa yang tersebar dalam 2 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu 60 siswa dengan teknik pengambilan sampelnya dengan cara clustersampling, setelah diperoleh 2 kelas sebagai sampel kemudian diacak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Pada teknik nontes berupa angket untuk mengetahui tanggapan siswa yang terdiri dari 10 item. Sedangkan  teknik  tes berupa soal yan g dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran. Bentuk soal tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dalam bentuk essay yang berjumlah 8 item dengan skor total 72. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik uji dua rata-rata atau uji t.

Hasil perhitungan data diperoleh thit = 2,54 dan ttab =2,002dengan dk= 58 dan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil perhitungan dapat dikatakan bahwa thit> ttab atau 2,54> 2,002 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan terdapat perbandingan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis komputer model tutorial dan model pembelajaran konvensional pada konsep kalor dengan besar perbandingan 16,27 %. Sedangkan untuk tanggapan rata-rata siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis komputer model tutorial adalah sebesar 80,33% yang dikriteriakan setuju.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Rahman, Nurdin. 2010. PenilaianHasilBelajarFisika. UniversitasKhairun Ternate
Abdullah, M. 2006. Fisika 1b SMA Kelas X.Esis . Jakarta
Arikunto, S.2006. Dasar – DasarEvaluasiPendidikan. BumiAksara. Jakarta
Djamara. 1996. PembelajaranKonvensional. http://xpresirau.com. Diakses Minggu pada tanggal 2 4-05-2009.
Idotobing. 2009. PengertianKalor.Di aksesdari http:// idotobing.blogspot.com/ 2009/03/pengertian-kalor.html.Diaksespadatanggalkamis 16 februari 2012.
Istiyono ,Edi.2004. SainsFisikauntukKelas X.IntanPariwara.Klateng
Muhammad Khalik. 2011. MetodePembelajaranKonvensional. http://muhammadkhalik.wordpress.com/2011/11/08/metode-pembelajaran-konvensional. Diaksesminggu 26 februari 2012.
Munadi, Y.2008. Media Pembelajaran.GaungPersada Press. Jakarta
Purwanto.2009. EvaluasiHasilBelajar. PustakaPelajar. Yogyakarta
Riduwan. 2010. BelajarMudahPenelitianUntuk Guru, KariawandanPenelitianPemula. Bandung
Rusman. 2010. Model – model Pembelajaran. Rajawali Pers. Bandung
Ruwanto, B.2006.Asas – Asasfisika .Yudhistira . Yogyakarta
Sagala, S.2009. KonsepdanMaknaPembelajaran.Alfabeta .Bandung .
Sugiyono. 2013. MetodePenelitianPendidikan. Alfabeta . Bandung
Supiyanto.2004.Fisika SMA untukKelas X.Erlangga. Jakarta.
Soemanto ,wasty. 2006. PsikologiPendidikan. RinekaCipta. Jakarta.
Slameto. 2010. BelajardanFaktor – faktoryang Mempengaruhinya. RinekaCipta. Jakarta.
Wena, M. 2009. StrategiPembelajaranInovatifKontenporer. BumiAksara. Jakarta
Zuriah, N. 2006.MetodologiPenelitianSosialdanPendidikan.BumiAksara. Jakarta.
Published
2025-06-30
How to Cite
Muhlis, F. (2025). Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Kalor. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 6(1), 158-168. https://doi.org/10.63976/kuantum.v6i1.1003