Systematic Literature Review: Pola Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Berdasarkan Kriteria Watson

  • M. Warisa Al Malik Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Univeritas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Eko Andy Purnomo Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Univeritas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Dwi Sulistyaningsih Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Univeritas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
Keywords: HOTS, Pola Kesalahan, Kriteria Watson, Systematic Literature Review, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) matematika berdasarkan kriteria Watson melalui systematic literature review. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam matematika menjadi fokus utama dalam pendidikan abad 21, namun siswa masih mengalami kesulitan signifikan dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Penelitian menggunakan metode systematic literature review dengan menganalisis 25 artikel ilmiah yang diterbitkan dalam rentang 2019-2024 dari database Scopus, Google Scholar, dan ERIC. Kriteria Watson yang digunakan meliputi kesalahan data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan tidak tepat, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kesalahan paling dominan adalah kesalahan prosedur tidak tepat (35,2%), diikuti kesalahan data tidak tepat (28,7%), dan masalah hierarki keterampilan (18,9%). Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa memiliki pemahaman konseptual yang lemah dan kurang mampu mengaplikasikan prosedur yang tepat dalam konteks soal HOTS. Implikasi penelitian ini memberikan dasar empiris bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya Sari Harahap, A., Salsabila, Y., Mahfuzah Harahap, M., Aini Wirdia, I., Tarbiyah dan Keguruan, I., & Sumatra Utara, U. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(4), 415–426. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/937

Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis HOTS. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(1), 58–64. https://doi.org/10.21009/jrpms.041.09

Andriyanti, A., Setyo, A., & Lestari, B. (2025). Systematic Literature Review : Eksplorasi Variasi Terminologi Dalam Penelitian Kesalahan Systematic Literature Review : Eksplorasi Variasi. 3(5).

Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 365–372. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.365-372

Cappa, E., Hamzah, R. A., & Intan, I. (2024). Pengembangan Aspek Landasan Terhadap Perancangan Kurikulum di Sekolah Dasar. Scholars, 2(1), 14–28. https://doi.org/10.31959/js.v2i1.2372

Citra Nur Pratiwi, A. G. J. N. (2025). Analisis Questioning Skill Guru Berbasis Hots Pada. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 6(2), 1–23.

Dinda Amalia, & Windia Hadi. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904

Elsa Syafila, A., Qurotul, D. A., Raya Telang, J., Telang Inda, P., Kamal, K., Bangkalan, K., Timur, J., & Penulis, K. (2024). Analisis Eksplorasi Konsep Pendidikan Konstruktivis Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Oleh. Jma), 2(12), 3031–5220.

Fahira, A. P., Biologi, P., Matematika, F., Alam, P., & Surabaya, U. N. (2025). Analisis Trend Bibliometrik Stem Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Bibliometric Trend Analysis of STEM in Biology Learning to Train Critical Thinking Skills. 14(1), 260–269.

Faisal, M. (2025). Komunikasi Internal dan Keterlibatan Karyawan : Tinjauan Literatur yang Sistematis di Seluruh Sektor. 3(4), 4455–4461.

Fathurrahman, M., Ba’diah, A. S., & Husain, A. K. (2023). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat. KAMBIK: Journal of Matematics Education, 1(2), 35–42. https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jme/article/view/2966

Intensitas, T., Haid, N., & Dismenore, P. (2023). Jurnal Manajemen dan. 5(2), 41–49.

Jabnabillah, F. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tingkat Rendah Pada Materi Geometri. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 2(2), 113–125. https://doi.org/10.47233/jteksis.v2i2.123

Kamal, I., & Padjadjaran, U. (2025). Mengeksplorasi Inovasi Dalam Startup : Studi Literatur Sistematis Tentang Peran Teknologi Dan. 7(1), 8–21.

Khasanah, I., Abidin, Z., & Faradiba, S. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Menggunakan Kriteria Watson Ditinjau dari Gaya Belajar dan Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1976–1987. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.1923

Lestari, W., Nainggolan, C., Yuliani, A., & Novrianto, M. (2025). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Berdasarkan Teori Piaget : Studi Literatur dan Kajian Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. 1, 106–115.

Lisa Ervina. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Tamansari dan Solusinya melalui Pendekatan Differentiated Instruction. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 169–180. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i1.4539

Muniroh, L., & Hidayatulloh, M. K. Y. (2024). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pilihan Ganda Berbasis Hots Pada Mata Pelajaran Paibp. Kampus Akademik Publising, 1(3), 676–687. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jrme/article/view/2235

Muslimin, M., & Purwaningsih, E. (2023). Meta-Analisis: Pengaruh LKPD berbasis PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah dalam Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(2), 38–45. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.49407

Mustika, R., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kesalahan Berdasarkan Kategori Watson dalam Menyelesaikan Permasalahan Persamaan Kuadrat Pada Siswa SMP. Didactical Mathematics, 4(1), 170–180. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2003

Putri, F. I., & Murtiyasa, B. (2024). Newman’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 621–633. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2398

Rahmadhani, E., & Hilliyani. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS (Meta Analisis). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1709–1724. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16923

Rahmawati, D., Purwanto, & S. (n.d.). No Title. Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tingkat Tinggi: Analisis Berdasarkan Kriteria Watson, 4(8), 1053–1060.

Ramadanti, D. A., Anditha, D., & Sujiwo, C. (2025). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Berdasarkan Kriteria John Watson Ditinjau Dari Perbedaan Gender Analysis Of Students ’ Errors In Solving Contextual Problems Based On John Watson ’ s Criteria Reviewed From Gender Differences. 10(1).

Rofi’ah, A. M., Shobirin, M., Fadllillah, M., Farah, N., Warti’ah, W., Kunaifi, M. H., & Wahyudi, M. F. (2024). Analisis Kesiapan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama. Journal Educatione: JurnalJurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 12–25. https://journal.univgresik.ac.id/index.php/je/article/view/136

Sanjiartha, I. G. D., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2024). Peran literasi sains dalam membentuk generasi berfikir kritis dan inovatif: kajian literature review. Education and Social Sciences Review, 5(2), 120. https://doi.org/10.29210/07essr499900

Sariyanto, S., Suprayitno, I. J., & Sulistyaningsih, D. (2025). Effectiveness of Quizz-based Edugame as Learning Support Media for Improvement of Learning Outcomes. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 5(1), 22–31. https://doi.org/10.58740/juwara.v5i1.377

Sarwoedi, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 12. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.691

Sinta Nur Aishah, Dian Devita Yohanie*, A. N., & Program. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 405–414. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/3051

Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.

Taufik, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. EL-Ghiroh, 17(02), 81–102. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v17i02.106

Wahyuni, S., Anggraini, V., & Melisa, M. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson Materi Pola Bilangan di Kelas VIII.3 SMPN 3 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21375–21383. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9896

Wulandari, A., & Hadi, W. (2023). Analysis of Student Errors in Working on Hots Questions for Algebra Materials on Watson’S Criteria Based on Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 14(1), 118. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v14i1.55745

Yulianto, D., Juniawan, E. A., & Kusdini, R. (2023). Pengaruh Metode Accelerted Learning for the 21St Century Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots). JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 8(2), 112–127. https://doi.org/10.24269/silogisme.v8i2.7882

Published
2025-10-25
How to Cite
Malik, M. W., Purnomo, E., & Sulistyaningsih, D. (2025). Systematic Literature Review: Pola Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(2), 527-535. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i2.981