Pengaruh Model TGT Berbantuan Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDN 217 Kampuno

  • Muhammad Awal Nur Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Fitriani Fitriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Rukayah Rukayah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Keywords: Teams Games Tournament, Jam Sudut, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 217 Kampuno Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental design dengan teknik One-Group Pretest-Posttest. Variabel dalam penelitian ini adalah model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut sebagai variabel terikat dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel bebas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes yang dilakukan sebanyak 2 kali untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah menerapkan model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebelum penerapan model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut, nilai pretest siswa dengan rata-rata 47.08 dan setelah menerapkan model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut, hasil posttest siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 84.31; (2) dari hasil pretest dan posttest diperoleh selisih sebesar 37.231. Diketahui bahwa rata-rata nilai posttest lebih tinggi dibanding rata-rata nilai pretest yang menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai dari hasil belajar matematika siswa yang berarti model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa; (3) adapun selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test, dari data pretest dan posttest siswa menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0.001 lebih kecil dari 0.05 (0.001 < 0.05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan. Hipotesis alternatif atau H1 diterima dan hipotesis nol atau H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan jam sudut terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 217 Kampuno Kabupaten Bone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, L., dkk. (2023) Model Pembelajaran Kooperatif. Semarang: Penerbit Cahya Ghani Recovery.

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 3(2), 123-133.

Asrini. (2021). Strategi Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Melalui Model Problem Based Instruction. Jurnal Bina Ilmu Cendekia. 2(2). 142-148.

Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 032/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Binangun & Hakim. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut terhadap Hasil Belajar Matematika. JKMP (Jurnal Kajian Pendidikan matematika), 1(2), 204–214.

Dewi, N. (2021). Penggunaan Media Jam Sudut untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pengukuran Sudut Kelas III MIN 2 Aceh Jaya. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Hafid, A., dkk. (2021). Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Watampone: CV. Syahadah Creative Media (SCM).

Hakim, A. R., dkk. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut untuk Pembelajaran Matematika pada Materi Sudut di Kelas IV tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian, 1338–1347.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Hastuti, I. D., dkk. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Mataram: Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Herdiana, A., & Julia, R. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga Jam Sudut sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika. Polinomial : Jurnal Pendidikan matematika, 1(1), 23–27.

Kasmawati, (2023). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Matematika. Gowa: Global Research and Consulting Institute (Global-RCI).

Lestari, M., & Sary, R. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran TGT berbantuan Jam Sudut ditinjau dari Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 212–229.

Lestari, S. I. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Murid Kelas V SD Inpres No. 181 Pattopakang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Skripsi. Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mahmud, S., dkk. (2023). Media Pembelajaran. Cirebon: LovRinz Publishing.

Mubin, A. N. (2019). Pengaruh Perlakuan Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Inpres 3/77 Watu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Skripsi. Bone: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Nur, M. A. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Persepsi tentang Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya. 2 (2), 64-79.

Parwoto, dkk. (2023). Pedoman penulisan skripsi fakultas ilmu pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Peraturan Pemerintahan. (2022). Peraturan Pemerintah No. 4 tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta.

Salamun, dkk. (2023). Buku-Referensi-Model-Model-Pembelajaran-Inovatif.

Shoimin. A., (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 1(2), 45–53.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, A., & Sopandi, W., (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Teori dan Implementasi. Depok: Rajawali Pers.

Suryani, N., dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaplinda, dkk. (2025). Media Jam Sudut (Jasut): Solusi Pembelajaran Matematika di SD Negeri 110 Lura. Teaching and Learning Journal of Mandalika. 6(1), 170-180.

Published
2025-09-30
How to Cite
Nur, M., Fitriani, F., & Rukayah, R. (2025). Pengaruh Model TGT Berbantuan Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDN 217 Kampuno. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(2), 485-505. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i2.832
Section
Articles