Literature Review: Inovasi Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Artikel ini mengkaji inovasi pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar melalui studi literatur. Penelitian bertujuan untuk menganalisis karakteristik, implementasi, dan efektivitas pendekatan STEAM dalam pembelajaran matematika SD berdasarkan kajian terhadap publikasi ilmiah terkini. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi literatur sistematis dengan menganalisis 20 artikel ilmiah (15 nasional dan 5 internasional) yang dipublikasikan dalam kurun waktu 2017-2024. Analisis dilakukan dengan tahapan identifikasi, penyaringan, dan ekstraksi informasi relevan tentang implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika SD. Hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan STEAM dalam pembelajaran matematika SD di Indonesia umumnya diimplementasikan melalui project-based learning, problem-based learning, dan inquiry-based learning yang mengintegrasikan lima bidang STEAM. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan STEAM terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, pemahaman konsep matematika, dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Tantangan implementasi meliputi keterbatasan kompetensi guru, infrastruktur pendukung, dan kesesuaian dengan kurikulum nasional. Berdasarkan kajian literatur, disimpulkan bahwa pendekatan STEAM merupakan inovasi yang potensial untuk pembelajaran matematika SD dengan memperhatikan konteks kearifan lokal, pembelajaran berbasis proyek, dan pemanfaatan teknologi digital
Downloads
References
Connor, A. M., Karmokar, S., & Whittington, C. (2018). From STEM to STEAM: Strategies for enhancing engineering & technology education. International Journal of Engineering Pedagogy, 8(4), 37-47.
Gunawan, G., Harjono, A., Hermansyah, H., & Herayanti, L. (2020). Guided inquiry model through virtual laboratory to enhance students' science process skills on heat concept. Cakrawala Pendidikan, 39(1), 85-97.
Henriksen, D. (2017). Creating STEAM with design thinking: Beyond STEM and arts integration. The STEAM Journal, 3(1), 1-11.
Nurlaily, V. A., Soegiyanto, H., & Usodo, B. (2021). Elementary school teacher's perspective on STEAM teaching approach. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1), 629-639.
Permanasari, A. (2019). STEM education: Inovasi dalam pembelajaran sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 23-34.
Pratiwi, I. A. (2021). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran STEAM dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91- 103.
Rahardjo, S., Fauzan, A., & Ramadhani, R. (2019). Pengembangan pembelajaran etnomatematika STEAM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 164-178.
Rahmawati, I., Hartanto, S., & Nugroho, A. A. (2021). Implementasi pembelajaran STEAM berbasis daring pada materi bangun datar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3124-3134.
Rahmawati, I., & Putri, A. D. (2021). Pengembangan pembelajaran matematika STEAM berbasis daring untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1189-1204.
Siregar, N., Rosli, R., Maat, S. M., & Capraro, M. M. (2020). The effect of STEAM on students' mathematics achievement in Indonesia. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 711-722.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339.
Sulistyorini, S., Abidin, Z., & Julianto, T. (2022). Implementasi pembelajaran STEAM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 28-40.
Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan kognitif dan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis proyek berpendekatan STEAM. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(1), 31-40.
Widodo, S., Priyono, A., & Suharno, S. (2020). Penerapan pendekatan STEAM dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 268-274.
Wijaya, T. T., Ying, Z., & Suan, L. (2019). Using ethnomathematics-based STEAM approach to improve students' understanding of Pythagorean theorem. Journal on Mathematics Education, 10(3), 371-382.
Yakman, G., & Lee, H. (2012). Exploring the exemplary STEAM education in the U.S. as a practical educational framework for Korea. Journal of the Korean Association for Science Education, 32(6), 1072-1086.
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. Seminar Nasional Matematika dan Sains, 1-18.