Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Teori Poliya Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII B SMP Negeri 47 Halmahera Selatan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (a) Kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. (b) Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 47 Halmahera Selatan. Pengumpulan data di lakukan dengan metode tes soal dan wawancara.
Dalam penelitian ini ada beberapa kesalahan yang di alami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII B SMP Negeri 47 Halmahera Selatan. Kesalahan tersebut adalah: (1) Kesalahan dalam memahami soal cerita, (2) kesalahan dalam menentukan model matematikanya, (3) kesalahan dalam menentukan rumus. Dalam penelitian ini peneliti menemukan sebanyak 10 siswa tidak memahami soal cerita. Dimana mereka tidak mampu dalam mengidentifikasi atau menentukan ide pokok yang terkandung dalam soal cerita. Di mana ke – 10 siswa tersebut dalam menyelesaikan soal tidak menuliskan ditanya dan diketahui. Kemudian ada sebanyak 9 siswa yang mengalami kesalahan menentukan model matematika. Kesalahan menentukan model matematika adalah kesalahan di mana siswa dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk model matematika. Ada sebanyak 5 siswa yang mengalami kesalahan dalam menentukan atau menggunakan rumus saat pengerjaan atau menyelesaikan soal cerita. Kesalahan menentukan rumus adalah kesalahan dimana siswa bingung dalam menentukan rumus mana yang mau di gunakan dalam proses penyelesaian soal cerita.
Downloads
References
Azis, A. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64-72. Retrieved from Azis, A. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64-72. Retrieved from
Bunga Permaganti, Luvy Sylviana Zanthy. Studi Analisis: Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Volume 6, No. 2, Maret 2023
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.
Fauziah, F. A. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah soal cerita matematika berdasarkan langkah polya (Doctoral dissertation, Universitas Pgri Adibuana Surabaya).
Fitrah, N. (2022). Laporan hasil observasi anak yang malas dalam mengerjakan tugas/PR di SLaporan hasil observasi anak yang malas dalam mengerjakan tugas/PR di SD Negeri manggalad Negeri Manggala.
Habsyi, R., Saleh, R. R., & Nur, I. M. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis guided dicovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 1-18.
Habsyi, R. (2021). Profil Kesalahan Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 9-24.
Hadi, Fida Rahmantika. "Kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal hots matematika berdasarkan teori newman." Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (2021): 43-56.
Hasanudin, L., & Habsyi, R. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal–Soal Cerita Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 4(1), 35-53.
Maulana, M. A. S. (2020). Analisi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newuman Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Pada Siswa SMP Al – Maksum TP 2020/2021(Doctoral dissertation).
Pratiwi, S. A., & Ariyanto, M. P. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Polya Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Pratiwi, N. P. D., Ariyanto, D., Putra, I. N. W. A., & Mimba, N. P. S. H. (2022). Penilaian Kesuksesan Penerapan Xero Accounting Software Dengan Model UTAUT dan Delone & McLean. E-Jurnal Akuntansi, 32(2), 3764.
Rahman, R. F., & Nur, I. R. D. (2021). Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1413-1422.
Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan,20(2).
Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.
Sutanti, N. T. T. (2019). Analisis Level Pemahaman Siswa Dalam Memahami Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas Viii Semester Ganjil SMP N 1 Kasiman Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, IKIP PGRI BOJONEGORO).
Sutanti, N. T. T. (2019). Kreativitas Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di MIN 8 Aceh Barat. Jurnal Eduscience (JES), 7(1), 28-33.
Syahda, U., Yuhana, Y., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(3).
Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 2(1), 93-101.
WINIE, A. (2022). Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Matematika SMP (Doctoral dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
