Pengaruh Penggunaan Aplikasi Photomath Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pemahaman siswa dalam memamahi matematika berdasarkan pemakaian aplikasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan metode True Experimental Design yaitu Posttest-Only Control Design.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diolah dari nilai posttest diketahui bahwa terjadi perbedaan rata-rata pemahaman konsep matematis siswa dengan yang menggunakan Aplikasi Photomath dan yang tanpa menggunakan Aplikasi Photomath melainkan Powerpoint pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Dari hasil yang telah diperoleh pengaruh penggunaan Aplikasi Photomath memberikan pengaruh sebesar 93,3% dengan kategori tinggi.
Downloads
References
Abdillah, A., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Pramita, D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Matematika Berbasis Android sebagai Media Belajar Matematika Siswa SMA/SMK. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 17-22.
Abdillah, R., Kuncoro, A., & Kurniawan, I. (2019). Analisis Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android dan Desain Sistem Menggunakan UML 2.0. Jurnal Theorems, 4(1), 301752.
Avanda, A. Y., & Putri, S. A. W. (2020, May). Eksistensi Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). In Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika (Vol. 2).
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Fitriani, Y., & Aziz, I. A. (2019, March). Literasi era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 1).
Fitriyah, N., Harijanto, A., & Sudarti, S. (2018). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK PADA SISWA SMA KELAS XII DI KABUPATEN BONDOWOSO. FKIP e- PROCEEDING, 3(1), 162-166.
Nugroho, O. F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran ICM dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 80-87.
Nurani, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2021). Profil pemahaman konsep matematika ditinjau dari self efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 284-292.
Oktaviani, R. D., Ilmiah, T., Sholihah, N., Apriliyani, R., & Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Photomath Sebagai Media Pemecahan Masalah Matematis. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40-54.
Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538-3543.
Turmuzi, M., Arjudin, A., & Suryadi, R. (2021). Pemanfaatan Software Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika guru Sekolah Dasar di Kecamatan Narmada. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 949- 963.
Vellya. S, Kukuh, M, dan Walid, A (2021) pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasisi geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di Sekola Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi (Doctoral diddertion, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI)
Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65.
