Studi Kasus Penggunaan Media Interaktif Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Matematika Di SD Negeri 11 Tilamuta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pengguanaan media interaktif dalam pemahaman konsep matematika di SD Negeri 11 Tilamuta. Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, data diperoleh melalui angket tertutup berbasis skala Likert yang di sebarkan kepada 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerimaan siswa terhadap penggunaan media interaktif tergolong tinggi, dengan rata-rata persentase tanggapan positif sebesar 70,1 %. Meskipun media digital memberikan dampak positif terhadap motivasi, pemahaman konsep, dan kepercayaan diri siswa, masih ditemukan kejenuhan dan kurangnya keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa media digital memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajatan Matematika, namun implementasinya perlu disesuaika dengan karakteristik siswa serta didukung oleh variasi media dan strategi pembelajaran interaktif dan kolaboratif.
Downloads
References
Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Gaung Persada Press.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W. H. Freeman.
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2023). Artificial intelligence in education: Promise and implications for teaching and learning. Computers and Education: Artificial Intelligence, 4, Article 100125. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100125
Hwang, G.-J., Chiu, L.-Y., & Chen, C.-H. (2022). A contextual game-based learning approach to improving students’ inquiry-based learning performance. Computers & Education, 175, Article 104321. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104321
Iskandar, D., Suryadi, D., & Herman, T. (2023). Digital technology integration in elementary mathematics learning: Opportunities and challenges. Journal of Education and Learning, 17(2), 245–256. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20756
Kusumati, D., Wibowo, A., & Prasetyo, Z. K. (2021). Digital learning media to improve students’ learning interest in mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1), Article 012045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012045
Mayer, R. E. (2020). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781316941355
Nurhabiba, S., Rahman, A., & Hamzah, A. (2023). Quantitative descriptive research in education: Concepts and applications. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 30(2), 112–121.
OECD. (2023). Education at a glance 2023: OECD indicators. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/69096873-en
Putri, R. I. I., Zulkardi, & Nusantara, D. S. (2023). Interactive digital learning media to support conceptual understanding in elementary mathematics. Journal on Mathematics Education, 14(2), 315–330. https://doi.org/10.22342/jme.v14i2.pp315-330
Riduwan. (2018). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alfabeta.
Scherer, R., Howard, S. K., Tondeur, J., & Siddiq, F. (2021). Profiling teachers’ readiness for online teaching and learning. Computers in Human Behavior, 118, Article 106675. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106675
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2), 187–200.



















.png)