Analisis Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret “Gaba” Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa di SMP Negeri 5 Halmahera Selatan

  • Maya Rumakat Program Studi Matematika, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Indonesia
Keywords: Pembelajaran matematika, Bangun Ruang, Media Pembelajaran, Alat Peraga Benda Konkrit, Gaba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan proses pemanfaatan alat peraga benda konkrit “Gaba” sebagai media pembelajaran matematika siswa SMP Negeri 5 Halmahera Selatan dan mengetahui hasil belajar siswa setelah memanfaatkan alat peraga benda konkrit “Gaba” sebagai media pembelajaran di kelas, untuk mendapatkan data yang akurat pada pelaksanaan penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi guru matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran berupa alat peraga benda konkrit “Gaba” sebagai salah satu sumber belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan alat peraga benda konkrit “Gaba” pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Halmahera Selatan mampu memberikan pengalaman belajar yang inovatif lebih bermakna dan membantu siswa memahami konsep bangun ruang secara konkret. Siswa dapat dengan mudah memvisualisasikan bentuk dan struktur bangun ruang secara langsung sehingga dapat menghubungkan objek nyata dengan representasi matematis. Selain itu, penggunaan Gaba juga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran pada pelaksanaannya siswa sangat antusias dan termotivasi serta terlibat aktif saat mengikuti pembelajaran, dengan pemanfaatan alat peraga benda konkrit guru mampu menyesuaikan materi yang disampaikan serta mampu membuat pembelajaran matematika lebih mudah dan menyenangkan sehingga siswa dengan mudah memahami materi yang disampaikan dan berdampak positif bagi prestasi hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar K & Harni H, (2011). Perencanaan sistem pembelajaran kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta.

Hamalik O, (2012). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadari N, (2003). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Hamzah B, (2007). Model pembelajaran: menciptakan proses belajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Iswadji D, (2003). Pengembangan media pelajaran matematika. Yogyakarta: FMPA UNY.

Irnawati, (2012). Pengaruh alat peraga terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok geometri di kelas VIII SMPN I Tamiang Hulu.

Lexi J. Moleong, (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.

Majid A, (2003). Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT Rosda Karya.

Mulyasa E, (2008). Standar kompetensi dan guru sertifikasi. Bandung: Sinar Baru.

Muh.Sholeh, (2014). Penggunaan media alat peraga konkrit untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas III MIM Kranggan Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2013/2014.

Nazifah, (2013). Penggunaan media konkret meningkatkan aktivitas siswa matematika Kelas I SDN 07 sungai soga Bengkayang.

Rohani A, (2004). Pengelolaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukayati, (2003). Media pembelajaran matematika sekolah. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Sudjana, N. ,et al. (2005). Teknologi pengajaran . Bandung: Sinar Baru.

Suryosubroto, (2009). Proses belajar mengajar di sekolah: wawasan baru beberapa metode pendukung dan beberapa layanan khusus. Ed Rev. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto, (2003). Pengelolaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Lestari, (2013). Kemampuan mengenal perbedaan sederhana anak kelompok B TK Pertiwi Talang Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 melalui media alat peraga konkrit.

Published
2025-12-17
How to Cite
Rumakat, M. (2025). Analisis Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret “Gaba” Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa di SMP Negeri 5 Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(2), 773-785. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i2.1172