Meta-Analisis Dampak Inovasi Pembelajaran Pada Penelitian Pendidikan Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)

  • Ahyani Mirah Liani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Matematika dan Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Keywords: HOTS, Berpikir Tingkat Tinggi, Flipped Classroom, Gamifikasi, Meta-analisis

Abstract

Meta-analisis ini dilakukan untuk mensintesis temuan-temuan empiris mengenai dampak berbagai bentuk inovasi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) peserta didik pada konteks penelitian Pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak berbagai inovasi pembelajaran terhadap peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik melalui pendekatan meta-analisis. Data diperoleh dari sejumlah penelitian eksperimen dan quasi-eksperimen yang mengimplementasikan model pembelajaran inovatif seperti Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), Flipped Classroom, STEM/STEAM, Blended Learning, dan Gamifikasi. Analisis dilakukan menggunakan Hedges’ g, disertai uji heterogenitas dan analisis moderator berdasarkan model pembelajaran, jenjang pendidikan, dan mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran memberikan pengaruh besar terhadap HOTS dengan effect size keseluruhan sebesar 1.21. Model Flipped Classroom memiliki pengaruh tertinggi (g = 1.72), diikuti PjBL, STEM/STEAM, dan PBL. Dampak terbesar ditemukan pada mata pelajaran matematika dan jenjang SMA. Uji bias publikasi menunjukkan hasil tidak signifikan, sehingga temuan dapat dipercaya. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan berbasis teknologi sebagai strategi efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayvaz, Ü. (2021). Fostering mathematical creativity with problem posing activities: An action research with gifted students. Thinking Skills and Creativity, 40, 100821.

Akdoğan, E. (2022). Examining mathematical creativity of prospective mathematics teachers through problem posing in the context of photo-math projects. [Article].

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.

Bevan, D. (2021). Posing creative problems: A study of elementary students’ mathematics understanding. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(3), em0673.

Bicer, A., Lee, Y., Perihan, C., Capraro, M. M., & Capraro, R. M. (2020). Considering mathematical creative self-efficacy with problem posing as a measure of mathematical creativity. Educational Studies in Mathematics, 105(3), 457–485.

Bokhove, C. (2025). The language of mathematical problem posing: A comparison between England, U.S., and Singapore curricula. Asian Journal for Mathematics Education, 4(2), 186–200.

Cansız Aktaş, M. (2022). Problem-posing research in mathematics education: A bibliometric analysis. Journal of Pedagogical Research, 6(4), 1–20.

Damayanti, H., Susiswo, S., & Sulandra, I. M. (2025). Mathematical representation of MTs students in HOTS-based mathematical problem solving. PRISMA, 14(1), 77–84.

Hattie, J. (2009). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge.

Karabıyık, Ü. (2025). Upper-secondary students’ problem-posing and modeling processes in algebra learning. Problems of Education in the 21st Century, 83(1), 81–96.

Larson, G. W., Ellis, D. C., & Rivers, P. C. (1984). Essentials of chemical dependency counseling. Columbia University Press.

Mutiani, M., Nurhayati, E., & Fauziah, S. (2024). Integrasi project-based learning berbasis STEM untuk meningkatkan HOTS dan kolaborasi siswa pada materi bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 12(1), 110–122.

OECD. (2023). PISA 2022 results: Student performance in mathematics, reading, and science. OECD Publishing.

Rofi’ah, N., & Aini, Q. (2023). Meta-analisis efektivitas flipped classroom terhadap HOTS matematika siswa. Jurnal MathEdu, 12(1), 45–58.

Rusdyi, R., Rusmin, R. M. S., & Nur, I. M. (2023). Proses berpikir kreatif siswa berkepribadian adversity quotient dalam menyelesaikan masalah open-ended ditinjau dari teori pemrosesan informasi. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 851–862. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1175

Singh, R., & Mani, R. (2024). Impact of blended–flipped learning on students’ analytical and evaluative skills in science education. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 8(1), 55–62.

Published
2025-12-06
How to Cite
Liani, A. (2025). Meta-Analisis Dampak Inovasi Pembelajaran Pada Penelitian Pendidikan Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(2), 714-723. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i2.1124